Menerima Janji Tuhan Sebagai Imbalan Dari Ketaatan
Kalangan Sendiri

Menerima Janji Tuhan Sebagai Imbalan Dari Ketaatan

Lori Official Writer
      5824

Ulangan 5: 33

Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki.


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 143; Yohanes 3; 2 Samuel 13-14

Apakah kamu pernah berpikir hubungan antara iman dan ketaatan? Waktu kamu mempercayai seseorang, kamu melakukan apa yang mereka katakan. Kalau kamu gak taat, itu artinya kamu gak percaya dengan mereka.

Di dalam Alkitab, Tuhan berulang kali mengaitkan antara iman dan ketaatan. Janji-janji Tuhan sendiri akan dinyatakan di dalam hidupmu seiring dengan ketaatanmu mengikuti perintah-Nya.

"Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki." (Ulangan 5: 33)

Tuhan membuat beberapa janji yang luar biasa dan spesifik melalui firmanNya tentang ketaatan. Sebenarnya, ada banyak daftar janji yang disampaikan dalam firman Tuhan. Berikut beberapa diantaranya:

Amsal 16: 20 – Siapa memperhatikan firman akan mendapat kebaikan, dan berbahagialah orang yang percaya kepada TUHAN.

Mazmur 7: 10 – Perisai bagiku adalah Allah, yang menyelamatkan orang-orang yang tulus hati

Mazmur 33: 18 – Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya

Mazmur 37: 18 – TUHAN mengetahui hari-hari orang yang saleh, dan milik pusaka mereka akan tetap selama-lamanya

1 Yohanes 3: 22 – …dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.

Amsal 28: 14 – Berbahagialah orang yang senantiasa takut akan TUHAN, tetapi orang yang mengeraskan hatinya akan jatuh ke dalam malapetaka.

Amsal 19: 16 - Siapa berpegang pada perintah, memelihara nyawanya, tetapi siapa menghina firman, akan mati.

Mazmur 34: 9-10 - Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia! Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik.

Beberapa daftar janji di atas menekankan bahwa saat kita menaati perintah Tuhan, kita akan diberkati, diselamatkan, diawasi, dijaga, diberikan apapun yang kita minta dan berbahagia. Dia juga menjanjikan umur panjang dan tidak kekurangan apapun selama masa hidupmu.

Ketaatan adalah pintu dari janji-janji Tuhan dicurahkan. Tuhan memberimu janji-Nya. Tapi kamu bisa menikmati janji itu saat kamu menaati perintah-Nya.

Kadang kita bisa memahami perintahNya. Tapi kadang kala kita justru tidak menaatinya. Dan kamu perlu menaatinya baik setelah memahaminya maupun tidak memahaminya sama sekali.

Beberapa perintah Tuhan mungkin terdengar membingungkan. Beberapa terkesan tidak adil. Misalnya, Alkitab berkata untuk memberikan 10% pertama dari penghasilanmu dan mengembalikannya kepada Tuhan. Ada juga dikatakan bahwa saat orang lain berbuat jahat kepadamu, kamu harus membalasnya dengan kebaikan. Tentu saja ini terdengar gak masuk akal. Tapi Tuhan mau kita beriman dan menaatinya.

Semua orang percaya tentunya ingin menikmati semua janji-janji Tuhan dalam hidupnya. Tapi untuk mendapatkannya, kita perlu taat. Karena ketaatan adalah kunci dari janji-janji Tuhan dicurahkan atas hidup kita. Karena itu putuskanlah untuk mengikuti perintah-Nya hari ini dalam iman. Dia berjanji akan membalas semua tindakan ketaatan itu dengan harga yang setimpal.



Hak cipta Rick Warren, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami