Jalan Menuju Kekuasaan dan Pengaruh
Kalangan Sendiri

Jalan Menuju Kekuasaan dan Pengaruh

Puji Astuti Official Writer
      8648
Show English Version

Kejadian 41:41

Selanjutnya Firaun berkata kepada Yusuf: "Dengan ini aku melantik engkau menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir."

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu52[/kitab]; [kitab]Kisah24[/kitab]; [kitab]Imama14-15[/kitab]

Seorang pengarang dan pendeta bernama Gene Getz membuat kesimpulan bagus tentang ketrampilan manajemen yang dimiliki oleh Yusuf seperti ini:

Pada usia tiga puluh tahuh, mungkin Yusuf tidak akan pernah bisa menangani tugas berskala dunia, seandainya ia tidak mempunyai cara yang intensif dan berpusatkan pada pengalaman manajemen. Hal itu dimulai di rumah Potifar, dimana ia mengatur semua urusan Potifar. Hal itu berlanjut di dalam penjara di mana ia akhirnya bertanggung jawab atas semua tahanan. Dan tiga belas tahun kemudia, Yusuf “dilantik menjadi kuasa atas seluruh Mesir.”

Rencana Allah bagi Yusuf sesuai dengan jadwal. Ia dipersiapkan dengan sangat teliti untuk melakukan tugas yang Allah berikan kepadanya. Dan karena Yusuf melewati semua ujian, ia sudah siap ketika Allah membuka pintu kesempatan. Ia menerima martabat dan kuasa tanpa mengalah kepada kesombongan. Ia mempertahankan kesabaran dan melakukan kewajiban-kewajibannya dengan setia dan berhasil. Ia sudah dipersiapkan dengan baik.

Proses yang Yusuf lalui hingga ia menjadi orang kedua di Mesir tidaklah menyenangkan, bahkan bisa dikatakan sangat menyakitkan, namun ia menjalani proses itu dengan sikap hati yang benar. Proses itu pada akhirnya membentuk Yusuf menjadi seorang pemimpin yang handal, namun tetap rendah hati. Ia dapat dipercaya dalam memegang kekuasaan dan juga kekayaan yang berlimpah.  Betapa kita saat ini membutuhkan pemimpin-pemimpin seperti Yusuf saat ini.

Bersama kekuasaan, datang pula kewajiban untuk bertanggung jawab. Bersama popularitas, datang juga kewajiban untuk bersikap rendah hati. Bersama keberhasilan, datang juga kewajiban untuk memiliki integritas. Maukah saat ini kita memberi hati dan hidup kita untuk dibentuk Allah menjadi pribadi yang seperti Yusuf? Keputusannya ada ditangan kita.

Proses kehidupan jika kita jalani dengan sikap dan respon yang benar akan membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Ikuti Kami