Kegigihan Doa, Menggerakkan Hati Tuhan Untuk Bertindak
Kalangan Sendiri

Kegigihan Doa, Menggerakkan Hati Tuhan Untuk Bertindak

Liana M. Tapalahwene Contributor
      938

Lukas 11:9

"Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu."

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 73; Roma 1; Bilangan 29-30

Jika kita menelusuri bacaan Alkitab kita pada hari ini, khususnya pada pasal 11 mulai dari ayat 1 hingga ayatnya yang ke-13, maka kita akan sampai pada satu kesimpulan bahwa apa yang kita inginkan, apa yang kita mau, akan kita dapatkan jika ada tindakan nyata untuk meraihnya.

Saat kita bicara mengenai tindakan, hal ini mengarahkan kita pada kegigihan atau bisa dikatakan keteguhan atau keuletan yang kita bangun dalam fokus untuk meraih apa yang kita ingin dapatkan.

Di ayat 5-8 Yesus memberikan perumpamaan tentang bagaimana ketekunan dalam hal meminta yang akan mengusik ketenangan untuk disegerakannya tindakan sebagai jawaban agar kebutuhan terpenuhi.

Dan secara runut, marilah kita jabarkan maksud dari ayat 9, dimana kita akan belajar mengenai:

1. Kata 'mintalah' ~ lebih diarahkan pada apa yang tidak kita miliki.

2. Kata 'carilah' ~ merupakan dasar ketika kita tidak melihat apa yang kita mau.

3. Yang terakhir kata 'ketuklah' ~ ini dimaksudkan agar pintu dapat dibukakan atau lebih kepada penyingkiran halangan.

SaHaBaT terkasih, tiga kata yang kita pelajari hari ini mengajarkan kepada kita mengenai lambang isi dari doa yang tekun yang kita bangun untuk menggerakkan hati Tuhan bertindak di tengah-tengah kita.

Marilah kita bangun kehidupan yang bersumber pada kebenaran firman Tuhan, agar hidup dan karya kita menjadi saluran berkat bagi orang lain. Bukan untuk kita saja pemeliharaan Tuhan dinyatakan, namun pemeliharaan-Nya akan nyata bagi semua orang yang kita bela. Oleh karena itu, sangat penting jika kita bertindak dalam kesungguhan, sebagaimana kitab

Yeremia 29:7 berkata, "Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu."

Tuhan Yesus memberkati kita sekalian dengan sukacita dan limpahan damai sejahtera-Nya. Aminnnn...

Ikuti Kami