Perintah Saling Mengasihi dengan Standar Tertinggi
Kalangan Sendiri

Perintah Saling Mengasihi dengan Standar Tertinggi

Dwi Agus Priono Contributor
      971

Yohanes 15:12

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.” 

 

Bacaan setahun: Mazmur 134; Yohanes 11; Ratapan 1-2

Untuk segala sesuatu di dunia ada standarnya. Kualitas barang-barang di Indonesia biasanya dinyatakan dengan standar SNI. Jika kita mendapatkan barang dengan kualitas SNI, kita yakin bahwa barang tersebut memiliki kualitas yang baik. Jika tidak memenuhi standar, maka biasanya kualitasnya kurang baik atau dibawah standar.

Sebagai seorang yang percaya kepada Tuhan Yesus, kita juga memiliki standar untuk sikap dan kehidupan kita. Alkitab mengatakan bahwa standar kita adalah: KASIH. Pada perikop yang kita baca hari ini dalam Yohanes 15:9-17, Tuhan Yesus menyampaikan perintah untuk saling mengasihi. Kita tahu bahwa hukum Taurat telah disempurnakan dalam hukum Kasih, yaitu kasihi Tuhan dengan segenap hati dan kasihi sesama seperti kita mengasihi diri sendiri (Mat 22:37-39). Ini adalah standar hidup kita. Tetapi kita mendapati peningkatan standar yang diinginkan Tuhan dalam Yohanes 15:12. Jika sebelumnya, dikatakan “mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri”, sekarang menjadi “mengasihi sesama seperti Tuhan mengasihi kita”. Standar kualitas kasih kita tidak didasarkan pada seberapa kita mengasihi diri sendiri, melainkan harus sebesar Tuhan Yesus mengasihi kita.

Wah, mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri saja sudah berat, apalagi mengasihi orang lain seperti Tuhan mengasihi kita, bagaimana mungkin? Sahabat, saya percaya bahwa ketika Tuhan memberi perintah, Dia akan memampukan kita untuk melakukannya, jika kita sungguh-sungguh ingin melakukannya. Ada Roh Kudus yang siap menolong kita. Jika kita mengerti betapa Tuhan mengasihi kita sampai rela memberikan nyawa-Nya untuk penebusan kita, kita pasti mampu mengasihi orang lain.

Kasih yang kita nyatakan kepada orang lain merupakan salah satu tanda bahwa kita adalah murid-murid Tuhan. “Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu benar-benar adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” (Yoh 13:35). Mari kita belajar saling mengasihi dengan standar yang baru, yang tertinggi, yaitu seperti Tuhan Yesus telah mengasihi kita.

Ikuti Kami