Kata-kata yang Membangun, Vs Kata-kata yang Mematikan
Kalangan Sendiri

Kata-kata yang Membangun, Vs Kata-kata yang Mematikan

Claudia Jessica Official Writer
      2237

Amsal 18:21

Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 100; Lukas 12; Yosua 11-12

Pernahkah Anda mendengar ungkapan “Tongkat dan batu bisa mematahkan tulangku, tetapi kata-kata tidak akan pernah bisa menyakitiku”? Dalam pikiran saya, pernyataan itu tidak bisa dibenarkan.

Kata-kata memiliki dampak yang sangat kuat. Hampir dari kita semua pernah merasa terluka karena perkataan orang lain yang tidak baik. Dampaknya terasa dalam kehidupan kita, bahkan bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Tidak peduli sebanyak apa kita menyangkalnya, kita kerap mengingat ejekan atau hinaan yang pernah dilontarkan orang lain terhadap kita.

“Hidup dan mati dikuasai lidah,” kata Amsal 18:21. Satu komentar atau sekedar komentar kecil dapat membuat perbedaan antara membangun hubungan atau menghancurkannya. Kita memiliki kekuatan untuk mendorong atau menghancurkan orang lain dengan ucapan kita.

Alkitab berbicara tentang kekuatan kata-kata, terutama perkataan positif, dan memperingatkan tentang bahaya dari perkataan yang tidak baik. “Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.” Amsal 15:1. Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang. Amsal 16:24 menambahkan.

Kemudian Efesus 4:29 mengatakan, “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” Dan Matius 12:36-37 berkata, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.”

Satu contoh khusus tentang kekuatan kata-kata dalam hidup saya yang sungguh berdampak besar bagi kehidupan saya. Saat itu awal semester kedua tahun kedua kuliah saya, dan saya berjalan dengan susah payah menaiki tangga gedung jurnalisme untuk menyerahkan tugas. Tahun pertama dan paruh pertama tahun kedua terasa berat karena berbagai alasan, dan sekarang saya berjuang untuk mengatur kelas, pekerjaan, dan masalah pribadi saya dan menjaga kepala saya tetap bertahan.

Saya harus mengumumkan jurusan saya hanya dalam beberapa minggu, tetapi saya tidak tahu apa yang ingin saya lakukan dengan hidup saya. Itu adalah salah satu minggu di mana saya tampak gagal pada setiap tugas, dan yang terpenting, saya baru saja datang dari pertemuan yang membawa bencana dengan seorang profesor ekonomi yang membuat saya merasa bodoh karena tidak memahami masalah yang “mudah”.

Bahkan di kelas jurnalisme, mata pelajaran terbaik yang saya kuasai, sepertinya saya tidak bisa memahami banyak hal. Semakin keras saya mencoba, semakin buruk hasilnya. Saya mulai khawatir bahwa jurusan jurnalisme menjadi ide paling buruk dalam hidup saya, dan sejujurnya saya menjadi semakin tergoda untuk menyerah sepenuhnya dan mengambil cuti satu semester di suatu tempat.

Dalam perjalanan keluar dari gedung jurnalisme, saya melewati dua profesor saya yang sedang berbicara di lorong. Saya menyapa mereka dan terus berjalan, tetapi setelah saya berbelok di tikungan, saya berhenti sejenak ketika saya mendengar salah satu dari mereka berkata kepada yang lain, “Anna adalah salah satu siswa jurnalisme yang paling pekerja keras dan baik.” Saya tidak tahu apakah dia bermaksud agar saya mendengar pernyataannya, dan saya tidak ingat pernah mendengar salah satu dari mereka mengatakan satu hal lain, tetapi kata-katanya membuat saya membeku dan berdiri di sana selama 10 detik.

“Seorang siswa yang baik” benarkah itu yang dia pikirkan? Kerja keras saya membuahkan hasil? Saya bukan seorang jurnalis yang gagal total dan tidak pernah berhasil? Rasanya seperti ada sesuatu yang keluar dari pikiranku saat itu juga. Saya bahkan tidak menyadari bahwa saya membutuhkan dorongan, tetapi tiba-tiba seluruh pandangan saya berubah. Jika itu yang profesor saya pikirkan tentang saya, maka saya bertekad untuk tidak mengecewakannya.

Selama sisa kuliah ketika saya meragukan diri sendiri atau hanya membutuhkan dorongan, saya memikirkan kembali kata-katanya. Dia menjadi salah satu mentor saya yang paling terpercaya, dan sebelum saya lulus, saya akhirnya bisa memberi tahu dia bagaimana kata-katanya hari itu menjadi titik balik dalam seluruh karir akademis saya. Sampai hari ini, saya masih tidak tahu apa maksud dari satu pernyataan sederhana itu, tetapi saya tahu dampaknya ribuan kali melebihi apa yang pernah dibayangkan profesor saya.

Kata-kata yang baik, positif, atau menyemangati pada waktu yang tepat dapat benar-benar mengubah hidup seseorang. Kata-kata Anda memiliki kekuatan untuk menghembuskan sikap kematian atau kehidupan kepada orang lain. Mana yang akan Anda pilih?

 

Disadurkan melalui crosswalk.com. Hak cipta oleh Anna Kuta.

Ikuti Kami