Bukan Karena Imbalan, Tetapi Hanya Untuk Tuhan
Kalangan Sendiri

Bukan Karena Imbalan, Tetapi Hanya Untuk Tuhan

Yenny Budhihartono Contributor
      995

1 Korintus 9:13

Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 30; Kisah Para Rasul 2; Keluaran 9-10

Dalam 1 Korintus 9:13, Paulus menulis tentang hak dan kewajibannya sebagai Rasul. Hal ini ia lakukan karena terjadi perpecahan jemaat di Korintus, bahkan tidak sedikit yang mengkritik Paulus sebagai Rasul.

Paulus mencoba menjelaskan bagaimana pekerjaannya sebagai Rasul, termasuk hak dan kewajibannya. Bagi Paulus, menerima upah adalah hak yang wajar ia terima. Tetapi yang lebih penting adalah kewajibannya untuk memberitakan Injil.

Paulus menjelaskan dengan gamblang kemurnian hatinya dalam melayani jiwa-jiwa dan haknya untuk mendapatkan upah dari pelayanannya. Paulus bahkan rela menderita demi pemberitaan Injil. Bukan karena upahnya yang besar, tetapi karena kasih dan tanggung jawabnya kepada Tuhan.

Seringkali dalam hidup kita sebagai anak-anak Tuhan, kita hanya berpikir bagaimana mendapatkan hak atau upah yang besar dan melakukan kewajiban sekecil-kecilnya.

Upah pelayanan didapatkan dari pelayanan di tempat kudus. Setiap pekerja patut mendapatkan upahnya, dan ini adalah prinsip yang Alkitabiah. Tetapi upah tidak boleh merusak motivasi kita dalam melayani Tuhan. Tuhan mau kita berusaha untuk melakukan yang terbaik dari apa yang telah Tuhan percayakan. Kita tidak boleh menjadi hamba yang hanya mengejar upah semata.

Ingatlah bahwa seorang tuan yang baik tahu apa yang menjadi hak dan kewajiban dari hambanya apalagi Tuhan.

Kolose 3:23-24 “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

Mari kita terus semangat untuk berkarya memberikan yang terbaik mengusahakan yang terbaik bagi nama Tuhan di tahun ini dan percayalah bahwa Tuhan menyediakan upah bagi kita yang senantiasa memiliki hati yang sungguh-sungguh untuk mengerti dan melakukan kehendak Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami