Saat Tuhan Menjawab Doa
Kalangan Sendiri

Saat Tuhan Menjawab Doa

Lori Official Writer
      2022

Ayat Renungan: 

Yohanes 1: 12, “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.”

Matius 7: 7, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”

 

Apakah kita sedang bertanya-tanya “Apakah Tuhan menjawab doaku?” Kita mungkin akan semakin mempertanyakan Tuhan bahkan ketika Tuhan tak kunjung menjawab doa kita. Hari ini, mari belajar dari satu kebenaran firman Tuhan tentang siapa Tuhan yang kita sembah, siapa kita dan bagaimana keintiman hubungan kita dengan Tuhan membuat Dia mendengar kerinduan kita atas jawaban doa.

Di dalam Kejadian 18: 22 dituliskan bagaimana bapa Abraham berdiri dengan iman mempertahankan kota Sodom dan Gomora yang akan dihukum oleh Tuhan. Bagaimana sekalipun kota itu telah dihukum Tuhan, tapi dengan iman Abraham akhirnya Tuhan mau mengabulkan doanya. Kebenaran ini tentu saja telah menjawab keraguan iman kita kepada Tuhan. 

Semakin kita melekat erat dengan Tuhan, semakin kita dengan mudah mencuri hati-Nya. Di dalam Yohanes 1: 12 disampaikan, “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.” Tuhan telah memberikan kuasa bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya. Begitu juga diungkapkan dalam Yohanes 3: 16, “Begitu besar kasih Allah atas kita” sehingga Dia mau berkorban untuk kita. Semua hal yang ada di dunia ini tidak sebanding dengan kasih Tuhan atas kita sebagai anak-Nya.

Jadi “Kenapa Tuhan menjawab doa kita?” Karena Dia mengasihi kita. Tidak ada anak yang dikasihi pada waktu dia meminta sesuatu yang baik tidak diberikan Bapa-nya. Matius 7: 7 disampaikan dengan begitu jelas bahwa “Mintalah maka akan diberi, carilah maka akan mendapat, ketoklah maka akan dibukakan.” Bapa Surgawi kita tahu setiap permintaan kita di dalam doa. Jika menurutnya itu sesuai dengan kehendak-Nya tentu Dia akan mengabulkannya pada waktu-Nya dengan cara yang tepat, melalui orang yang tepat dan di tempat yang tepat.

Sebagai anak-anak Tuhan, jangan ragu untuk meminta di dalam doa dan menyampaikan isi hati kita kepada Tuhan. Tuhan pasti akan mengabulkan apapun yang baik menurut pandangan-Nya. Jadi jangan ragu karena Dia sangat mengasihi kita melebihi apapun yang di surga dan di bumi. 

 

Action: Apakah ada dari doa-doamu yang tak kunjung dijawab Tuhan? Selidiki kembali apa yang mungkin membuat Tuhan masih menahannya darimu.  Minta Roh Kudus menuntunmu untuk mengungkapkannya.

Ayat Hafalan: “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” - Matius 26: 41

 

Hak Cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami