Memberi Hati, Pikiran dan Jiwa Sepenuhnya Untuk Tuhan
Kalangan Sendiri

Memberi Hati, Pikiran dan Jiwa Sepenuhnya Untuk Tuhan

Lori Official Writer
      2184

Ayat Renungan: Markus 12: 30, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.”

 

Suatu hari seorang pria bertanya kepada Tuhan Yesus, “Hukum mana yang paling utama?” Dia menjawab seperti ini, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.” 

Secara terang Tuhan mengingatkan kita bahwa hal terpenting dalam hidup kita adalah mengasihi Dia. Kita tidak ditempatkan di planet ini hanya untuk memenuhi daftar tugas kita. Ada tugas yang jauh lebih penting dari itu yaitu memberikan segenap hati, pikiran dan jiwa kita untuk Dia. Kita bisa melakukannya lewat setiap perkataan, perasaan, pikiran dan tindakan kita. 

Dalam prosesnya, kita bisa saja belum bisa memenuhi tugas ini dengan sempurna. Kita bisa saja sudah memberi segenap hati kita, tetapi tidak dengan segenap perasaan dan pikiran kita. Atau kita bisa saja sudah bertindak dengan semua yang kita bisa tetapi tidak dengan segenap hati kita. 

Kita bisa mengukur kualitas kasih kita kepada Tuhan melalui setiap perkataan yang meluap dari hati kita, setiap perasaan yang kita bagikan kepada orang lain dan setiap pikiran yang menggerakkan tindakan kita. Semuanya harus selaras dengan teladan Kristus, seperti contoh teladan dalam hal perkataan. Di Efesus 4: 29, disampaikan “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” Dan setiap perkataan itu perlu dibarengi dengan tindakan, seperti disampaikan dalam Amsal 14: 23, “Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.”

Tuhan memanggil kita untuk tanpa rasa takut mengasihi Dia dengan segenap hati, jiwa, akal dan kekuatan kita. Ya, kita tidak akan mungkin bisa melakukannya dengan kekuatan kita sendiri. Karenanya kita diberikan kuasa yang bekerja di dalam diri kita untuk mampu melakukannya. 

 

Action: Mari buat beberapa daftar yang bisa kamu lakukan di minggu ini untuk mengerjakan tugas utama yang disampaikan dalam Markus 12: 30.

Ayat Hafalan: Markus 12:30, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.”

Ikuti Kami