Bumi dan Salib, Dunia dan Kekristenan
Kalangan Sendiri

Bumi dan Salib, Dunia dan Kekristenan

Claudia Jessica Official Writer
      2232

Pengkhotbah 3:1

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 19; Kisah 2; Ayub 15-17

Lingkungan Pendidikan Kristen, Loren dan Mary Ruth Wilkinson merenungkan dua simbol penting:

Simbol paling kuat di zaman kita adalah gambar planet bumi yang ditangkap dari luar angkasa. Tapi gambar planet itu terlihat memegang banyak hal hari ini. Satu-satunya harapan mereka akan keutuhan. Kehidupan individu, kata mereka, tidak ada artinya; yang penting adalah kesehatan planet ini.

Orang-orang Kristen juga tergerak oleh gambar-gambar planet bumi ini, tetapi mereka tidak yakin bahwa satu-satunya harapan kita adalah kesehatan planet ini. Harapan kita berpusat pada simbol lain, yaitu salib. Salib menggambarkan kabar baik Allah kepada pria dan wanita.

Apakah salib juga merupakan kabar baik bagi ciptaan lainnya? Dapatkah dua simbol ini: bumi dan salib didamaikan?

Mungkinkah ada yang namanya “Pecinta lingkungan Kristen?” Kami yakin jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah ya, ada. Namun pertama-tama, kita perlu berpikir lebih jauh tentang apa yang tersirat oleh kedua simbol ini, lingkaran dan salib, serta hubungan dan ketegangan di antara mereka.

Bumi itu bulat, dan penuh dengan siklus. Makhluk hidup mati dan membusuk menjadi tanah. Hujan turun dari pegunungan, mengalir ke sungai, yang mengalir ke laut, menguap menjadi awan, membawa hujan lagi ke pegunungan. Karbon dioksida yang kita hembuskan diambil oleh tanaman, yang mengeluarkan oksigen, kita hirup dan kemudian dihembuskan sebagai karbon dioksida. Untuk semua siklus ini, lingkaran adalah simbol yang baik.

Pemikiran Kristen berpusat pada salib. Secara geometris, salib adalah perpotongan dua garis lurus, horizontal dan vertikal. Alih-alih satu garis, berputar lagi dan lagi dalam lingkaran, orang Kristen melihat bahwa bumi tidak abadi. Untuk garis lain memotong kita dari luar. Salib mengacu pada tempat di mana perspektif Allah telah berpotongan paling jelas dengan perspektif kita. Eksekusi satu orang di tempat dan waktu tertentu adalah titik tengah, inti: persimpangan abadi dan temporal, waktu Tuhan dan waktu kita.

Dapat dimengerti bahwa banyak pencinta lingkungan curiga terhadap pandangan Kristen tentang waktu dan keyakinan iman Kristen bahwa ada realitas lain yang bersinggungan dengan realitas kita. Mereka mengatakan bahwa hal itu telah membuat orang Kristen menjadi dunia lain, mengabaikan kebutuhan bumi, terlalu mungkin untuk menggunakan bumi hanya sebagai latar belakang drama manusia tentang keselamatan kekal.

Pandangan alkitabiah mengakui realitas siklus alam. Untuk semua keindahan bumi dan kehidupannya yang berputar, dia tidak membawa maknanya sendiri. Ciptaan bukan hanya “alam” atau “sumber daya” atau “lingkungan.”

Penulis Pengkhotbah mengakhiri dan menjawab ratapannya dengan kata-kata yang sangat cocok untuk zaman kita: “Ingat Penciptamu.”

 

Berdoalah tentang hal ini:

Tuhan dan Pencipta, saya tahu bahwa tanpa-Mu semuanya tidak ada artinya. Saat saya bekerja untuk menjaga ciptaan-Mu dengan benar, bantu saya untuk membuat Engkau tetap di berada pusat dari semua tindakan saya.

 

Hak cipta oleh Zondervan. Disadurkan dari crosswalk.com.

Ikuti Kami