Berjiwa Pemimpin!
Kalangan Sendiri

Berjiwa Pemimpin!

daniel.tanamal Official Writer
      6502
Show English Version

Kejadian 49:10

"Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa."

 
Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 29; Filipi 1; Ayub 38-39

Ayat di atas adalah perkataan terakhir yang disampaikan Yakub kepada Yehuda. Perkataan Yakub ini adalah nubuatan yang berisikan berkat bagi Yehuda, atau lebih tepatnya bagi keturunan Yehuda, yaitu akan menjadi seorang pemimpin atau raja. Dan Nubuatan itupun tergenapi!

Arti nama Yehuda adalah berterima kasih atau memuji. Apa kelebihan Yehuda? Sedari muda Yehuda telah menunjukkan kualitas hidup sebagai seorang pemimpin yang luar biasa bagi saudara-saudaranya. Setiap perkataan, ide dan nasihatnya selalu didengar dan ditaati oleh saudara-saudaranya. 

Ketika saudara-saudaranya berniat hendak membunuh Yusuf, dengan tegas ia melarangnya, (Kejadian 37:26-27). Nasihatnya didengarkan sehingga Yusuf tidak jadi dibunuh. Juga saat Yusuf bersandiwara hendak menahan Benyamin dan menjadikannya sebagai budak di Mesir.

Sementara saudara-saudaranya tidak bisa berbuat apa-apa, Yehuda berani angkat bicara membela Benyamin, bahkan ia menawarkan diri menjadi budak Yusuf sebagai ganti adiknya itu.  "...baiklah hambamu ini tinggal menjadi budak tuanku menggantikan anak itu, dan biarlah anak itu pulang bersama-sama dengan saudara-saudaranya." (Kejadian 44:33). 

Yakub memberkati Yehuda dengan berkat kekuasaan dan kepemimpinan karena selama hidupnya ia telah menunjukkan karakter sebagai seorang pemimpin sejati!

Ikuti Kami