Sanggup Mengubah Hati
Kalangan Sendiri

Sanggup Mengubah Hati

Budhi Marpaung Official Writer
      12208
Amsal 21:1
“Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN, dialirkanNya ke mana Ia ingini.”

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 36; Kisah Para Rasul 8; Keluaran 21-22

Seorang teman pernah mengatakan sesuatu yang buruk tentang seorang dosen senior di tempat dimana kami berkuliah dahulu. Kata ia, jika saya diajarkan oleh beliau dan berbuat salah sekali saja kepada beliau maka dipastikan nilai mata kuliah saya akan buruk. Menurutnya, orang yang berbuat salah kepada dosen tersebut akan terus diingat dan kelulusannya akan dipersulit. Ketika pembicaraan itu berlangsung, saya masih kuliah di tingkat II & belum pernah diajar sama sekali oleh dosen senior tersebut.

Singkat cerita, sampailah saya ke tingkat III kuliah saya. Ketika saya membaca jadwal mata kuliah yang saya ambil, mata saya terperangah ketika dosen senior yang dikatakan oleh teman saya tersebut ternyata mengajar di kelas saya. Jujur, saya cukup ketakutan. Saya ngeri ketika beliau mengajar saya, saya berbuat kesalahan dan itu membuat saya tidak dapat lulus dari kampus sesuai target.

Benar apa yang ditulis di alkitab tentang ketakutan bahwa semakin kita takut, maka ketakutan itu akhirnya yang terjadi ke dalam hidup kita. Pada satu sesi acara perkuliahan dosen senior tersebut dimana saat itu saya dan teman-teman satu kelas diharuskan untuk mengumpulkan tugas, saya tidak masuk ke kelas. Alasan saya tidak masuk adalah karena saya terlambat. Biasanya, sang dosen tidak pernah memperbolehkan mahasiswanya yang telat, dapat masuk ke kelas. Bagaimanapun dibujuk, beliau tidak akan mengizinkannya. Atas pengetahuan itulah, saya pun mengambil keputusan untuk berada di luar kelas.

Namun, keputusan saya saat itu ternyata membawa malapetaka. Ketika kuliah selesai hari itu dan saya ingin mengumpulkan tugas kepada beliau, dengan nada yang sedikit ketus, beliau menolak tugas yang saya buat. Beliau mengatakan ia tidak akan menerima tugas yang dikumpulkan oleh mahasiswanya setelah jam ia mengajar berakhir. Mendengar itu, saya sedikit sedih karena saya tahu jika tugas ini tidak diterima beliau maka nilai saya untuk mata kuliah tersebut hancur lebur.

Saya pun beranjak dari ruangannya dan pulang ke kosan. Di kosan, saya berdoa kepada Tuhan. Memohon ampun atas segala kesalahan yang telah perbuat. Saya juga memohon kepada-Nya agar dibukakan jalan keluar bagi persoalan yang saya hadapi dan meminta Dia melembutkan hati dosen tersebut.

Satu hari, satu minggu, dua minggu, saya tidak melihat ada tanda-tanda doa saya terjawab. Akan tetapi, saya terus memercayai pekerjaan Tuhan. Hingga pada satu suatu hari, seorang asisten dosen mendatangi saya dan mengatakan agar saya menaruh tugas saya ke meja dosen senior tersebut. Saya cukup kaget mendengarnya karena sebelum-sebelumnya, beliau telah menolak tugas saya. Akan tetapi, saya menuruti perkataan asisten dosen itu.

Waktu pun berjalan. Ujian Akhir Semester telah berlalu dan saatnyalah saya melihat nilai-nilai dari mata kuliah yang saya ambil. Ketika saya melihat di komputer nilai mata kuliah saya, saya begitu kaget karena nilai mata kuliah yang diajar oleh dosen senior itu ternyata cukup bagus. Saya mengucap syukur kepada Tuhan. Saya percaya kalau bukan karena DIA yang bekerja di dalam hati beliau, nilai saya hancur lebur dan saya tidak akan dapat lulus dengan tepat waktu.

Allah yang Anda dan saya sembah adalah Allah yang besar. DIA sanggup melakukan apa yang tidak pernah bisa kita lakukan. Di dalam kitab Amsal tertulis, "hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN, dialirkanNya ke mana Ia ingini.”

Jika Anda saat ini mengalami persoalan dengan orang-orang otoritasnya di atas Anda, datanglah kepada Allah. Naikkan doa kepada-Nya dan mintalah agar DIA melembutkan hati mereka. Percayalah, ketika Engkau melakukan hal tersebut, Allah akan bekerja di dalam kehidupan orang-orang yang Anda doakan itu dan membuat hati mereka menjadi seperti yang Anda doakan selama ini.

Jika Allah sanggup melembutkan hati seorang raja, DIA juga pasti dapat melembutkan hati atasan Anda.

Ikuti Kami