Hari 28: Tidak Ada Jalan Pintas Menuju Kedewasaan
Kalangan Sendiri

Hari 28: Tidak Ada Jalan Pintas Menuju Kedewasaan

Lori Official Writer
      1360

Selamat pagi, saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Pada hari kedua puluh delapan dari renungan kita, kita diingatkan bahwa pertumbuhan rohani adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu dan dedikasi: Tidak ada jalan pintas untuk menuju kedewasaan.

 

Ayat Renungan: Filipi 1:6 - "Akan hal ini aku yakin sepenuhnya yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus."

Ayat ini mengingatkan kita bahwa Allah yang memulai pekerjaan baik dalam diri kita akan setia menyelesaikannya. Proses ini melibatkan waktu, kesabaran, dan ketekunan, terutama dalam menghadapi tantangan dan kelemahan pribadi kita.

 

Pertanyaan Renungan: Di area mana dari pertumbuhan rohani saya yang membutuhkan saya untuk lebih sabar dan gigih?

Jika Anda seringkali kesulitan mengendalikan emosi ketika menghadapi kesalahan staf di kantor atau orang lain, yang dapat menyebabkan dampak negatif pada mereka serta pada kesaksian Anda sebagai pemimpin Kristiani, lakukan beberapa langkah ini untuk mengembangkan kesabaran dan ketekunan Anda:

Meminta Bantuan Roh Kudus: Mulailah hari Anda dengan doa, meminta kepada Roh Kudus untuk memimpin setiap kata dan tindakan Anda. Memohon bantuan-Nya dalam mengendalikan emosi akan memperkuat Anda dalam menghadapi situasi yang menantang.

Merefleksikan Karakter Kristus: Dalam situasi frustrasi, tanyakan pada diri sendiri, "Bagaimana Kristus akan merespons dalam situasi ini?" Memfokuskan diri pada teladan Kristus dapat membantu Anda merespon dengan cara yang lebih sabar dan penuh kasih.

Fokus pada Orang, Bukan Hanya Tugas: Berusaha untuk melihat nilai dan kebutuhan emosional staf Anda maupun orang lain, bukan hanya output pekerjaan mereka. Ini bisa membantu Anda menimbang respons yang lebih mendukung dan membangun daripada kritik yang keras.

Mengembangkan Kesadaran Diri: Jadilah lebih sadar tentang bagaimana emosi Anda mempengaruhi orang lain. Memahami dampak perilaku Anda dapat mendorong perubahan positif dalam cara Anda berinteraksi.

Mencari Umpan Balik: Jangan ragu untuk meminta umpan balik dari staf atau orang lain maupun kolega terpercaya tentang bagaimana Anda dapat memperbaiki cara Anda berkomunikasi dan memimpin.

Saudara-saudari yang terkasih, ingatlah bahwa pertumbuhan rohani adalah sebuah perjalanan. Setiap langkah yang kita ambil untuk menjadi lebih serupa dengan Kristus adalah langkah menuju kedewasaan rohani yang lebih dalam. Semoga renungan hari ini memberi Anda kekuatan dan motivasi untuk terus bertumbuh dan bersabar dalam proses tersebut.

 

© Nely Hergendi, diinspirasi dari buku The Purpose of Driven Life

Ikuti Kami