Hari 5: Menghadapi Ujian Hidup dengan Kesetiaan
Kalangan Sendiri

Hari 5: Menghadapi Ujian Hidup dengan Kesetiaan

Lori Official Writer
      719

Selamat pagi, saudara-saudari yang terkasih. Pada hari kelima ini, kita diajak untuk merenungkan suatu prinsip yang sangat penting dalam perjalanan iman kita: Hidup adalah sebuah ujian dan sebuah kepercayaan. 

Ayat Renungan: Lukas 16:10a (TB) - "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar." 

Renungan ini mengingatkan kita bahwa setiap momen dalam kehidupan kita, baik yang tampak besar maupun kecil, adalah kesempatan untuk menunjukkan kesetiaan kita kepada Tuhan. Seringkali, ujian-ujian yang kita hadapi—baik dalam bentuk tantangan, kekecewaan, maupun audit dari pihak luar—adalah cara Tuhan untuk mengasah iman dan karakter kita. 

 

Pertanyaan Renungan: Apa yang sudah terjadi kepada saya belakangan ini yang sekarang saya sadari bahwa itu adalah sebuah ujian dari Tuhan? Apa hal-hal terbesar yang Tuhan percayakan kepada saya? 

Apakah Anda pernah merasa mengalami atau merasa tidak dipercaya atas kepemimpinan Anda? Meskipun pada awalnya terasa mengecewakan dan tidak nyaman, bisakah hal ini kita lihat sebagai salah satu ujian kesetiaan. Bisakah kita tetap berperspektif bahwa Tuhan sedang mengajarkan kita untuk bertahan dalam iman, memelihara integritas, dan terus melayani dengan hati yang tulus, tanpa kehilangan kepercayaan kepada-Nya ataupun meninggalkan panggilan hidup kita. 

Adalah suatu kehormatan dan tanggung jawab besar bahwa Tuhan mempercayakan kepada kita berbagai peran penting dalam kehidupan. Anda mungkin telah melakukan hal-hal dibawah ini :  

- Memimpin dan mencintai keluarga kita sebagai suami/istri dan orangtua. 

- Menjadi contoh dan pemimpin bagi saudara-saudara dan orang tua kita, membimbing keluarga untuk menjadi berkat bagi orang lain. 

- Memimpin pelayanan yang sekarang dipercayakan kepada Anda saat ini sehingga bisa membawa kabar baik kepada banyak orang. 

- Memimpin karyawan yang dipercayakan kepada Anda, dan kesempatan untuk menginspirasi mereka dan mementoring mereka. 

Saudara-saudari yang dikasihi, mari kita bersyukur untuk setiap hal yang telah Tuhan percayakan kepada kita dan sekaligus menyikapi setiap ujian hidup sebagai kesempatan untuk membuktikan kesetiaan kita kepada Tuhan. Dengan setia dalam perkara-perkara kecil, kita juga akan setia dalam perkara-perkara besar, menunjukkan bahwa kita layak atas kepercayaan yang diberikan Tuhan kepada kita. 

Semoga renungan ini mendorong kita semua untuk terus hidup dengan kesetiaan, integritas, dan cinta kasih, mengingat bahwa setiap tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh lebih dekat kepada Tuhan dan menjadi saksi-Nya di dunia ini. 

Selamat menjalani hari dengan semangat yang baru, menghadapi setiap ujian dengan hati yang teguh dan penuh iman. Tuhan memberkati. 

 

@ Nely Hergendi, diinspirasi dari The Purpose of Driven Life

Ikuti Kami