Kerelaan Melakukan Kehendak Tuhan
Kalangan Sendiri

Kerelaan Melakukan Kehendak Tuhan

Lori Official Writer
      1663

Ayat Renungan: 

1 Petrus 5: 2, “Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.”

 

Pagi ini kita akan diingatkan kembali tentang kerendahan hati dan pengabdian dalam pelayanan. Dalam perjalanan hidup kita, setiap orang diberikan tugas dan tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan musim kehidupan masing-masing. Mungkin saat ini, kita sedang memimpin tim sekolah minggu, tim di tempat kerja, atau mengabdi dalam komunitas gereja.

Surat Petrus memberikan panduan tentang bagaimana kita seharusnya memimpin atau "menggembalakan" orang-orang yang dipercayakan Tuhan kepada kita. Kita dipanggil untuk menyampaikan kabar baik bagi semua orang. Apapun yang Tuhan percayakan, Dia menginginkan kita melaksanakan tanggung jawab ini dengan kerelaan hati, bukan karena paksaan.

"Dalam pelayananmu, jadilah gembala bagi kawanan domba Allah; jangan melakukannya karena terpaksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan demi keuntungan diri sendiri, melainkan dengan semangat pelayanan." - 1 Petrus 5:2

Tuhan telah memilih kita sebagai pengawas atas orang-orang yang kita pimpin, untuk membimbing mereka ke jalan kebenaran, melindungi dari bahaya, dan mendekatkan mereka kepada Tuhan. Namun, penting bagi kita untuk selalu mengingat betapa berharga "kerelaan" kita dalam melayani orang lain di mata Tuhan. Selain itu, Tuhan senang ketika pelayanan kita dilakukan bukan untuk mencari pujian, perhatian, atau meningkatkan citra diri kita. Sebaliknya, kita melakukannya sebagai ungkapan tulus dari kasih kita kepada Tuhan, sebagaimana Kristus sang penguasa tertinggi di bumi dan di surga dengan rendah hati membasuh kaki murid-murid.

"Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." - Markus 10:45

Hari ini, mari perbaharui komitmen kita kepada Tuhan dan bersedialah untuk tunduk kepada kehendak-Nya. Sebab kita hidup bukan saja untuk kita sendiri, melainkan untuk melayani Tuhan.

 

Action: Apakah kamu adalah orang yang sulit untuk melayani orang lain? Hari ini minta hati yang rendah hati dari Tuhan dan membiarkanmu membuka diri untuk melayani kebutuhan orang lain. 

Ayat Hafalan: Roma 12: 11, “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”  

Ikuti Kami