Hidup Seturut Kehendak Tuhan
Kalangan Sendiri

Hidup Seturut Kehendak Tuhan

Lori Official Writer
      2015

Ayat Renungan: 

Efesus 5: 15-16, “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”

1 Korintus 10: 23, “Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.”

 

Kita punya waktu hidup yang terbatas di dunia. Orang-orang hanya akan hidup di dunia dalam waktu rata-rata 72 tahun atau 26.000 hari. Kita mungkin berpikir bahwa kita masih punya banyak sisa masa hidup, tetapi jika kita berusia di atas 27 tahun, kita sudah melewatkan sebanyak 10.000 hari. Hari yang sudah berlalu tidak akan bisa kembali, yang bisa kita lakukan hanyalah menjalani waktu yang tersisa di depan.

Di dalam Efesus 5: 15-16 disampaikan, “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.” Apakah kita sudah memperhatikan cara hidup kita? Kita sering mendengar bahwa waktu adalah hidup. Jadi penting untuk kita bertanya, “Apakah aku sudah menggunakan waktu dengan baik?” 

Paulus menyampaikan pesan pagi ini untuk membantu kita membuat pilihan yang tepat dalam hidup. Dia menegaskan kepada kita supaya kita berhati-hati dengan bagaimana kita berpikir dan bertindak. Dan dia juga meminta kita untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. 

Tanpa kita sadari, kita mungkin sering menyia-nyiakan waktu dan energi kita untuk mengejar sesuatu yang sia-sia tanpa memikirkan apa kehendak Allah atas hidup kita. Kita harus mempertimbangkan setiap pilihan kita "apakah berguna untuk membawa kita kepada kehendak Tuhan atau justru menghalangi tujuan Tuhan terjadi atas kita". 

1 Korintus 10: 23 menyampaikan, “Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.” Menonton Netflix sepanjang hari memang tidak dilarang, tetapi pilihan itu bisa jadi bukan yang terbaik untuk penggunaan waktu kita. Tuhan mau kita berjalan dengan bijaksana sehingga kita bisa menikmati setiap manfaat luar biasa dari janji Tuhan yang ingin Dia genapi atas hidup kita. Mari berkomitmen untuk mendedikasikan waktu kita setiap hari untuk mengejar kehendak Tuhan atas kita.

 

Action: Buat daftar prioritas yang bisa kamu lakukan setiap hari, minggu maupun bulan. Mulai singkirkan hal-hal yang kurang penting, yang justru merampas waktumu dan menghalangimu untuk mengerjakan hal-hal yang jauh lebih penting.  

Ayat Hafalan: Roma 12: 11, “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”  

Ikuti Kami