Tetap Hidup Benar Ditengah Pergumulan
Kalangan Sendiri

Tetap Hidup Benar Ditengah Pergumulan

Dwi Agus Priono Contributor
      799

Matius 6:33

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

 

Bacaan setahun : Mazmur 64; Markus 14; Hosea 8-10

Dalam Matius 6:25-34, Tuhan Yesus berbicara tentang kekhawatiran yang berkenaan dengan kebutuhan dasar manusia, yaitu makanan dan pakaian. Memang kebutuhan dasar harus terpenuhi. Jika tidak, akan menimbulkan masalah. Orang bisa saja berbuat yang tidak benar demi terpenuhinya kebutuhan tersebut. Orang juga bisa khawatir berlebihan jika merasa bahwa ia tidak bisa memenuhi kebutuhan dan hidup dalam kekurangan. Namun, ada fakta yang diungkapkan dalam ayat 32, yaitu bahwa mereka yang berfokus hanya pada materi dan selalu khawatir menunjukkan bahwa mereka tidak mengenal Allah.

Hal terpenting yang perlu kita perhatikan adalah dalam situasi apapun, keadaan bagaimanapun, kita harus hidup benar. Tuhan Yesus berkata, Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya…”. Frasa ‘carilah dahulu’ merujuk kepada prioritas, hal yang harus diutamakan. Artinya, tidak ada hal lain yang lebih perlu dibandingkan dengan hal tersebut. Kerajaan Allah berarti tempat atau situasi dimana Allah menjadi pemimpin, pengatur, dan yang berdaulat. Sedangkan frasa ‘dan kebenarannya’ berarti kebenaran-kebenaran atau prinsip-prinsip dari Kerajaan Allah.

Jadi, mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya berarti menempatkan diri pada kedaulatan dan pimpinan Tuhan, serta menjalani kehidupan sesuai dengan prinsip-prinsip kebenaran dari Kerajaan Allah. Ini berarti mengusahakan dan terus berusaha hidup benar, apapun situasinya, termasuk dalam pergumulan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika kita hidup benar sesuai dengan prinsip-prinsip Kerajaan Allah, maka Tuhan akan memberikan apa yang kita perlukan“…semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” berarti apa yang kita perlukan akan Tuhan berikan. Prinsip ini juga yang disampaikan oleh Paulus dalam Filipi 4:19“Allahku akan memenuhi keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

Sahabat, jika Anda sedang mengalami masa krisis, mungkin ekonomi, pergumulan, masalah rumah tangga, pekerjaan, atau lainnya, janganlah hal itu membuatmu khawatir. Jangan biarkan hidup kita dan kecenderungan hati kita menjadi tidak benar di hadapan Tuhan. Jika Anda mengalami pergumulan, biarlah hal itu membuat kita semakin mendekat kepada Tuhan. Nantikan pertolongan-Nya, mujizat-Nya, dan tetaplah hidup benar. Imanuel, Tuhan beserta kita.

Ikuti Kami