Dibalik Layar
Kalangan Sendiri

Dibalik Layar

Lori Official Writer
      7852
Show English Version

2 Raja-raja 5: 2-3

Orang Aram pernah keluar bergerombolan dan membawa tertawan seorang anak perempuan dari negeri Israel. Ia menjadi pelayan pada isteri Naaman. Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: “Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya.”

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu73[/kitab]; [kitab]Ibran7[/kitab]; [kitab]Nahum1-3[/kitab]

Adalah seorang gadis muda Yahudi yang mampu mempengaruhi tuannya yang tidak percaya bernama Naaman, seorang panglima raja Aram yang menderita penyakit kusta untuk mencari Elisa, seorang abdi Allah, yang ia kenal dapat menyembuhkan penyakit. Ia hanyalah seorang gadis muda, yang bekerja sebagai hamba istri Naaman. Lewat nasehat itu pula Naaman melakukan perjalanan dan berjumpa dengan Elisa hingga sakit kustanya benar-benar sembuh.

Peristiwa ini serupa dengan perjalanan hidup yang dialami oleh Nehemia dan Ester, sama-sama keturunan Yahudi. Nehemia yang mengasihi bangsanya tak sanggup menyaksikan kehancuran kota Yerusalem, kota dari mana ia berasal. Sehingga, posisi bergengsi sebagai juru minum di lingkungan istana itu dipakai untuk meyakinkan raja agar ia diberi izin membangun kembali tembok yang telah runtuh. Dan sang raja mengabulkan permintaan itu sebab ia percaya kepada Nehemia, yang tak hanya sekedar juru minum raja, namun ia juga dipercaya sebagai penasehat raja, seseorang yang mempunyai pengaruh.

Seorang juru minum bertanggung jawab atas apa yang diminum oleh raja, biasanya ia akan terlebih dahulu mencicipi minuman tersebut untuk memastikannya aman bagi raja.  Jika minuman itu beracun, maka taruhannya adalah pekerjaan dan hidupnya. Ia bisa saja kehilangan nyawanya dengan meminta hal demikian dari raja, namun Nehemia melakukan apa yang dia bisa dibalik layar.

Gadis Yahudi pelayan istri Naaman, Nehemia dan Ester adalah orang-orang yang dipakai Tuhan sebagai wakil yang dipakai lewat posisinya yang mampu mempengaruhi orang-orang besar kala itu. Mereka adalah orang-orang yang dipakai untuk menyatakan kebenaran dibalik layar, yang meskipun tampak tak terlihat namun berdampak sangat besar.

Ingatlah bahwa Tuhan selalu memakai seseorang yang percaya dan dekat kepada-Nya menjadi saluran berkat bagi orang lain. Ia juga dapat menempatkan wakil-wakilnya dibalik layar untuk menyatakan kehendak-Nya. Sudahkah Anda bersedia dipakai oleh-Nya hari ini?

 

Tuhan menempatkan setiap orang dengan tujuan special menyampaikan kebenaran bagi orang yang belum percaya, baik lewat pengetahuan dan teladan hidup.

Ikuti Kami