Yang Terbaik Bagi yang Hidup Dalam Ketaatan
Kalangan Sendiri

Yang Terbaik Bagi yang Hidup Dalam Ketaatan

Lori Official Writer
      927

Ayat Renungan: 

Lukas 5: 5, “Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."”

 

Kita pasti akan mengalami kemunduran di tempat kerja dari waktu ke waktu. Tapi terkadang langkah paling sederhan untuk menghadapi kemunduran ini adalah: Taat kepada Tuhan.

Tuhan mungkin memberitahu kita sesuatu yang tidak masuk akal, tidak familiar dan bodoh. Mungkin tidak masuk akal secara finansial, relasional ataupun emosional. Sampai-sampai membuat kita ketakutan setengah mati. 

Kisah Alkitab tentang Simon Petrus dan Andreas yang putus asa karena tidak mendapatkan hasil pancingan apapun semalam penuh menjadi contoh kemunduran usaha yang ditulis dalam Alkitab. Kita bisa baca kisah ini di Lukas 5, dimana bagi para nelayan di abad itu nelayan yang tidak menghasilkan pancingan apapun adalah kegagalan yang sangat parah.

Tapi Tuhan Yesus menyuruh mereka ke tempat yang lebih dalam dan menebar jala di sana. Tentu saja bagi para nelayan professional seperti Simon Petrus dan Andreas, itu perintah yang tidak masuk akal. Kenapa Yesus menyuruh untuk masuk lebih dalam? Di sinilah Tuhan ingin mengajarkan bahwa tidak ada iman tanpa risiko. 

“Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."” (Lukas 5: 5)

Simon Petrus melakukan apa yang Yesus perintahkan. Dia tidak melakukannya karena itu adalah ide yang brilian. Tapi Dia melakukannya karena Tuhan memerintahkan untuk melakukannya. Dia sama sekali tidak membantah. 

Dan Tuhan memberi Simon Petrus dan Andreas kesuksesan bisnis yang lebih besar dari yang mereka impikan. Mereka mendapat ikan yang berlimpah. Sampai-sampai jala mereka robek dan harus meminta bantuan dari nelayan lain. 

Hari ini, mari belajar dari Simon Petrus dan Andreas. Apa yang jelas-jelas Tuhan perintahkan untuk kita lakukan tapi tidak kita taati? Apakah kita berpikir perintah itu tidak masuk akal? Melalui kisah ini kita bisa belajar bahwa tidak ada perintah yang tidak masuk akal bagi Tuhan. Dia menyuruh kita melakukan sesuatu yang sangat berisiko, tapi ketika kita taat melakukannya kita akan melihat kuasa-Nya terjadi atas hidup kita.

Hari ini maukah kita taat mendengar perintah Tuhan? Pilihannya ada di tangan kita.

 

Action: Apa satu perintah Tuhan yang pernah kamu abaikan? Dari kisah Simon Petrus dan Andreas, apa yang boleh kamu pelajari dan terapkan dalam hidupmu? 

Ayat Hafalan: Yohanes 9: 4, “Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.”

Ikuti Kami