Tergerak Oleh Belas Kasih
Kalangan Sendiri

Tergerak Oleh Belas Kasih

Liana M. Tapalahwene Contributor
      2099

Markus 6:34

Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 50; Kisah Para Rasul 22; Imamat 10-11

Sahabat terkasih, ketika kita membahas tentang belas kasihan berarti kita bicara mengenai perasaan yang menggerakkan hati nurani seseorang. Perasaan yang bisa membuat orang merasa sedih, hingga akhirnya timbullah rasa empati yang mendorong kita untuk memberikan pertolongan.

Belas kasihan itu adalah merupakan ciri khas Allah. Dalam kitab Mazmur 111:4 dikatakan, “Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; TUHAN itu pengasih dan penyayang.”

Banyak kali isi Alkitab menjabarkan tentang kasih Allah yang begitu besar dan luar biasa. Dan jika kita telusuri lebih jauh mengenai isi Alkitab mulai dari awal penciptaan di kitab Kejadian hingga akhir kitab Wahyu maka kita akan menemukan konsep kasih Allah terkandung di dalamnya.

Kasih menjadi karakter yang membedakan kita dengan dunia. Meski dalam kehidupan setiap hari, kita masih terus berjuang menghidupi kasih seperti Yesus. Sebagai manusia, keegoisan kita bisa jadi penghalang terbesar sulitnya berbelaskasihan kepada orang lain.

Melalui ayat firman Tuhan hari ini di Markus 6: 34, mengingatkan kita bahwa setiap tindakan Yesus digerakkan oleh belas kasihan. Mari menjadikan teladan ini sebagai dorongan untuk mematikan keegoisan kita dan mau membuka mata dan mengulurkan tangan menjadi jawaban bagi orang-orang di sekitar kita.

Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami