12 Suku Israel, Asal Usul dan Pembagian Wilayah Mereka
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 12 August 2024

Kalangan Sendiri

12 Suku Israel, Asal Usul dan Pembagian Wilayah Mereka

Puji Astuti Official Writer
1046

9. Suku Isakhar 

Asal-Usul: Issakar adalah anak kesembilan Yakub dari Leah. Nama "Isakhar" berarti "upah" (Kejadian 30:18). 

Wilayah: Suku Issakar mendapatkan wilayah di dataran yang subur, di antara suku Zebulon dan suku Manasye (Yosua 19:17-23). 

10. Suku Zebulon 

Asal-Usul: Zebulon adalah anak kesepuluh Yakub dari Leah. Nama "Zebulon" berarti "hadiah" (Kejadian 30:20). 

Wilayah: Suku Zebulon mendapatkan wilayah yang berbatasan dengan Issakar di utara dan suku Asyer di barat laut (Yosua 19:10-16). 

11. Suku Keturunan Yusuf, Efraim dan Manasye 

Asal-usul: Yusuf, anak kesebelas Yakub dari Rahel, menerima berkat khusus dari ayahnya sebelum kematiannya. Dalam Kejadian 48:5, Yakub berkata kepada Yusuf, "Dan sekarang, kedua anakmu, yang lahir bagimu di tanah Mesir sebelum aku datang kepadamu ke Mesir, mereka akan menjadi milikku; Efraim dan Manasye akan menjadi milikku, sama seperti Ruben dan Simeon."  

Dengan kata lain, Yakub mengadopsi kedua anak Yusuf sebagai anak-anaknya sendiri, sehingga mereka dianggap sebagai suku-suku yang terpisah dan setara dengan suku-suku lainnya.  

Wilayah:  

Wilayah suku Efraim terletak di bagian tengah wilayah Israel, berbatasan dengan suku Manasye di utara, suku Yehuda di selatan, dan suku Benjamin di barat (Yosua 16:5-10). Batas-batas wilayah Efraim mencakup daerah subur yang meliputi kota-kota seperti Shekem (terletak di antara Gunung Gerizim dan Gunung Ebal) dan Betel. 

Suku Manasye juga mendapatkan wilayah yang luas, dan mencakup dua bagian (Yosua 17:1-13):  

Wilayah di Sisi Barat Sungai Yordan: Suku Manasye memiliki wilayah di barat Sungai Yordan, di sebelah utara suku Efraim, dan berbatasan dengan suku Issakar dan suku Asyer.  

Wilayah di Sisi Timur Sungai Yordan: Selain itu, Manasye juga mendapatkan wilayah di sisi timur Sungai Yordan, di daerah Gilead dan Bashan. 

12. Suku Benyamin 

Asal-Usul: Benyamin adalah anak bungsu Yakub dari Rahel. Ketika melahirkan anak ini Rahel sempat memberi nama dia Ben-oni yang berarti anak kesakitan atau dukacita, setelah itu ia mati. Namun Yakub memilih nama  "Benyamin" berarti "anak tangan kanan" (Kejadian 35:18). 

Wilayah: Suku Benyamin mendapatkan wilayah di bagian tengah Tanah Kanaan. Wilayahnya terletak di antara suku-suku Efraim dan Yehuda. (Yosua 18:11-28). 

Suku-suku Israel dan Penggenapan Rencana Tuhan Hingga Akhir Zaman 

Israel sebagai bangsa pilihan Tuhan memegang peranan penting dalam penggenarapan rencana Allah atas manusia, termasuk dalam rencana keselamatan dengan kehadiran Yesus Kristus, Sang Mesias dari keturunan Yehuda lewat keturunan Daud (Matius 1). Melalui Yesus Kristus inilah penggenapan janji Tuhan kepada Abraham bahwa semua bangsa akan diberkati melalui keturunannya.  

Tidak hanya itu, hingga tiba masa akhir zaman nanti, Wahyu 7:4-8 menyatakan bahwa dari masing-masing suku Israel ada orang-orang yang dimeteraikan dengan total 144.000 orang. Hal ini menggambarkan bahwa hingga akhir zaman, keberadaan bangsa Israel penting dalam penggenapan rencana Allah. Saat itulah Sang Mesias yang dinanti-nantikan bangsa Israel hingga saat ini akan menyatakan diri untuk kedua kalinya.  

Apakah Anda mau mengenal Tuhan dan Juru Selamat yang lahir dari keturunan Daud itu? Jika Anda mengenal Yesus Kristus lebih lagi, atau memiliki pertanyaan tentang Dia dan kekristenan, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami dengan senang hati untuk menjelaskannya kepada Anda.  

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami