12 Suku Israel, Asal Usul dan Pembagian Wilayah Mereka
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 12 August 2024

Kalangan Sendiri

12 Suku Israel, Asal Usul dan Pembagian Wilayah Mereka

Puji Astuti Official Writer
1047

Bangsa Israel yang kita kenal saat ini, banyak orang melihatnya sebagai entitas Yahudi. Namun sama seperti bangsa-bangsa lain, Israel terdiri dari banyak suku dan  bahkan menyerap bangsa-bangsa sekitarnya. Mereka juga terdiri dari berbagai kepercayaan agama, tidak agama Yahudi saja. 

Mengacu kepada Alkitab, suku asli Israel terdiri dari 12 suku, namun setelah masa Kerajaan Asyur menyerang Israel dan menawan suku-suku Israel sekitar tahun 8 Sebelum Masehi, ada 10 suku yang hilang dan masih menjadi misteri tentang keberadaan mereka hingga saat ini.  

Usal-usul 12 Suku Israel 

Abraham adalah tokoh sentral bagi Bangsa Israel, sebab kepada Abraham-lah Tuhan mengadakan perjanjian: 

Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." Kejadian 12:1-3 

Melalui anak perjanjian, Ishak dan kemudian Yakub, perjanjian itu diteruskan kepada 12 anak-anak Yakub. Untuk itulah hingga saat ini, bangsa Israel selalu menyebutkan bahwa nenek moyang mereka adalah Abraham, Ishak dan Yakub.  

12 Anak Yakub dan Wilayah Mereka Setelah Memasuki Tanah Kanaan 

Asal-Usul 12 Suku Israel 

1. Suku Ruben 

Asal-Usul: Ruben adalah anak sulung Yakub dari Leah. Nama "Ruben" berarti "Lihat, seorang anak laki-laki" (Kejadian 29:32). 

Wilayah: Suku Reuben diberikan wilayah di sisi timur Sungai Yordan, di daerah Gilead (Yosua 13:15-23). 

2. Suku Simeon 

Asal-Usul: Simeon adalah anak kedua Yakub dari Leah. Nama "Simeon" berarti "Tuhan mendengar" (Kejadian 29:33). 

Wilayah: Suku Simeon mendapatkan wilayah di selatan, di dalam wilayah suku Yehuda (Yosua 19:1-9). 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

3. Suku Lewi 

Asal-Usul: Lewi adalah anak ketiga Yakub dari Leah. Nama "Lewi" berarti "bersatu" (Kejadian 29:34). 

Wilayah: Suku Lewi tidak mendapatkan wilayah khusus. Sebagai pengurus Imam dan Bait Allah, mereka tersebar di kota-kota yang ditetapkan di seluruh wilayah suku-suku lain (Bilangan 35:2). 

4. Suku Yehuda 

Asal-Usul: Yehuda adalah anak keempat Yakub dari Leah. Nama "Yehuda" berarti "Pujian untuk Tuhan" (Kejadian 29:35). 

Wilayah: Suku Yehuda mendapatkan wilayah yang luas di selatan, termasuk kota-kota seperti Yerusalem dan Bethlehem (Yosua 15:1-12). 

5. Suku Dan 

Asal-Usul: Dan adalah anak kelima Yakub dari Bilha, pelayan Rachel. Nama "Dan" berarti "Tuhan telah mengadili" (Kejadian 30:6). 

Wilayah: Suku Dan awalnya mendapatkan wilayah di utara, tetapi kemudian pindah ke barat laut untuk menghindari kesulitan dengan penduduk setempat (Yosua 19:40-48). 

6. Suku Naftali 

Asal-Usul: Naftali adalah anak keenam Yakub dari Bilha. Nama "Naftali" berarti "telah berjuang" (Kejadian 30:8). 

Wilayah: Suku Naftali mendapatkan wilayah di bagian utara, di sekitar Danau Galilea (Yosua 19:32-39). 

BACA JUGA: Makna Dibalik Bendera Israel, Bintang Daud dan Tallit

7. Suku Gad 

Asal-Usul: Gad adalah anak ketujuh Yakub dari Zilpa, pelayan Leah. Nama "Gad" berarti "berita baik" (Kejadian 30:9). 

Wilayah: Suku Gad diberikan wilayah di sisi timur Sungai Yordan, di utara wilayah suku Reuben (Yosua 13:24-28). 

8. Suku Asyer 

Asal-Usul: Asyer adalah anak kedelapan Yakub dari Zilpa. Nama "Asyer" berarti "kebahagiaan" (Kejadian 30:13). 

Wilayah: Suku Asyer mendapatkan wilayah di pantai utara, di dekat Gunung Karmel (Yosua 19:24-31). 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

9. Suku Isakhar 

Asal-Usul: Issakar adalah anak kesembilan Yakub dari Leah. Nama "Isakhar" berarti "upah" (Kejadian 30:18). 

Wilayah: Suku Issakar mendapatkan wilayah di dataran yang subur, di antara suku Zebulon dan suku Manasye (Yosua 19:17-23). 

10. Suku Zebulon 

Asal-Usul: Zebulon adalah anak kesepuluh Yakub dari Leah. Nama "Zebulon" berarti "hadiah" (Kejadian 30:20). 

Wilayah: Suku Zebulon mendapatkan wilayah yang berbatasan dengan Issakar di utara dan suku Asyer di barat laut (Yosua 19:10-16). 

11. Suku Keturunan Yusuf, Efraim dan Manasye 

Asal-usul: Yusuf, anak kesebelas Yakub dari Rahel, menerima berkat khusus dari ayahnya sebelum kematiannya. Dalam Kejadian 48:5, Yakub berkata kepada Yusuf, "Dan sekarang, kedua anakmu, yang lahir bagimu di tanah Mesir sebelum aku datang kepadamu ke Mesir, mereka akan menjadi milikku; Efraim dan Manasye akan menjadi milikku, sama seperti Ruben dan Simeon."  

Dengan kata lain, Yakub mengadopsi kedua anak Yusuf sebagai anak-anaknya sendiri, sehingga mereka dianggap sebagai suku-suku yang terpisah dan setara dengan suku-suku lainnya.  

Wilayah:  

Wilayah suku Efraim terletak di bagian tengah wilayah Israel, berbatasan dengan suku Manasye di utara, suku Yehuda di selatan, dan suku Benjamin di barat (Yosua 16:5-10). Batas-batas wilayah Efraim mencakup daerah subur yang meliputi kota-kota seperti Shekem (terletak di antara Gunung Gerizim dan Gunung Ebal) dan Betel. 

Suku Manasye juga mendapatkan wilayah yang luas, dan mencakup dua bagian (Yosua 17:1-13):  

Wilayah di Sisi Barat Sungai Yordan: Suku Manasye memiliki wilayah di barat Sungai Yordan, di sebelah utara suku Efraim, dan berbatasan dengan suku Issakar dan suku Asyer.  

Wilayah di Sisi Timur Sungai Yordan: Selain itu, Manasye juga mendapatkan wilayah di sisi timur Sungai Yordan, di daerah Gilead dan Bashan. 

12. Suku Benyamin 

Asal-Usul: Benyamin adalah anak bungsu Yakub dari Rahel. Ketika melahirkan anak ini Rahel sempat memberi nama dia Ben-oni yang berarti anak kesakitan atau dukacita, setelah itu ia mati. Namun Yakub memilih nama  "Benyamin" berarti "anak tangan kanan" (Kejadian 35:18). 

Wilayah: Suku Benyamin mendapatkan wilayah di bagian tengah Tanah Kanaan. Wilayahnya terletak di antara suku-suku Efraim dan Yehuda. (Yosua 18:11-28). 

Suku-suku Israel dan Penggenapan Rencana Tuhan Hingga Akhir Zaman 

Israel sebagai bangsa pilihan Tuhan memegang peranan penting dalam penggenarapan rencana Allah atas manusia, termasuk dalam rencana keselamatan dengan kehadiran Yesus Kristus, Sang Mesias dari keturunan Yehuda lewat keturunan Daud (Matius 1). Melalui Yesus Kristus inilah penggenapan janji Tuhan kepada Abraham bahwa semua bangsa akan diberkati melalui keturunannya.  

Tidak hanya itu, hingga tiba masa akhir zaman nanti, Wahyu 7:4-8 menyatakan bahwa dari masing-masing suku Israel ada orang-orang yang dimeteraikan dengan total 144.000 orang. Hal ini menggambarkan bahwa hingga akhir zaman, keberadaan bangsa Israel penting dalam penggenapan rencana Allah. Saat itulah Sang Mesias yang dinanti-nantikan bangsa Israel hingga saat ini akan menyatakan diri untuk kedua kalinya.  

Apakah Anda mau mengenal Tuhan dan Juru Selamat yang lahir dari keturunan Daud itu? Jika Anda mengenal Yesus Kristus lebih lagi, atau memiliki pertanyaan tentang Dia dan kekristenan, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami dengan senang hati untuk menjelaskannya kepada Anda.  

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami