Ampuni Dirimu Sendiri
Kalangan Sendiri

Ampuni Dirimu Sendiri

Lori Official Writer
      2005

Fearless Faith Seri 9 Cara Memahami dan Menerima Pengampunan Tuhan dan Memperoleh Kebebasan dari Rasa Bersalah dan Takut 

 

Ayat Renungan: 

Roma 3: 23, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah…”

Mazmur 103: 3-4, “Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat…”

 

Apakah kamu pernah melakukan kesalahan dan membuatmu menyalahkan diri sendiri? Kamu mungkin mulai bertanya, “Kenapa aku harus melakukan itu? Kenapa aku harus mengambil keputusan itu? Kenapa aku harus memilih jalan itu?” 

Perasaan ini kita sebut dengan intimidasi. Saat kita terus larut dalam intimidasi ini, kita akan mulai memandang diri kita sebagai pribadi yang gagal dan kita memenjarakan diri kita di dalam pikiran yang salah. Selama kita masih terjebak di dalam pikiran ini, kita tidak akan pernah bisa menemukan solusi atau jalan keluar untuk diri kita dan juga orang lain.

Roma 3: 23 berkata, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah…” Tidak ada satu orang di dunia ini yang bebas dari kesalahan dan dosa. Kita rentan melakukan kesalahan dan wajar bila saat melakukan sesuatu yang merugikan orang lain, kita akan memilih untuk menyalahkan diri sendiri.

Tapi di Roma 3: 24 kita diingatkan bahwa, “..dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.” Kasih karunia Tuhan cukup untuk membebaskan kita dari setiap kesalahan yang kita lakukan. Kita perlu memberikan pengampunan kepada diri sendiri dengan mengingat bahwa Tuhan telah mengaruniakan kepada kita pengampunan yang sebenarnya tidak layak kita terima. Seperti dalam Mazmur 103: 3-4, “Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat…”

Jadi jika Tuhan sudah lebih dulu mengampuni kita, maka berilah pengampunan kepada dirimu sendiri. Mari bebaskan diri kita dari pikiran salah tentang diri sendiri dan terimalah anugerah Tuhan dengan hati yang terbuka. 

 

Action: Hari ini izinkan kasih karunia Tuhan membebaskanmu dari setiap rasa bersalah. Ucapkan pengampunan atas dirimu sendiri saat ini dengan menyebutkan namamu dan berkata “Tuhan sudah mengampunimu”.

Ayat Hafalan: Roma 8:1-2, “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” Rasa bersalah ini akhirnya membuatmu terjebak di dalam rasa bersalah yang terus menerus.

 

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami