Sang Pengendali Hidup Kita
Kalangan Sendiri

Sang Pengendali Hidup Kita

Lori Official Writer
      1014

Ayat Renungan: Roma 8: 28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Mazmur 37: 23-24, “TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.”

 

Salah satu ketakutan terbesar yang kita semua hadapi adalah ketakutan akan masa depan. Kita mengkuatirkan masa depan keluarga kita, anak-anak kita, pekerjaan kita, gereja kita, keuangan kita dan banyak hal. 

Sebagai manusia itu wajar! Karena kita sama sekali tidak punya kendali akan apa yang akan terjadi di depan, selain menjadi pengelola atas semuanya. Tetapi bukanlah kebenaran ini yang justru harusnya mendorong kita untuk semakin bergantung kepada Tuhan? Demikian disampaikan dalam Mazmur 37: 23-24, “TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.”

Kita mungkin tidak bisa mengendalikan masa depan kita, tapi Tuhan bisa. Dialah pencipta seluruh alam semesta. Jika Dia mau, Tuhan bisa melakukan apapun. Tapi Dia mengendalikan seluruh alam semesta sesuai dengan rencana-Nya. Dia adalah sang penggerak sejarah yang menjurus kepada masa kesudahan, dimana pada akhirnya kita akan menyaksikan kedatangan Juruslamat ke dunia. Tidak ada yang bisa menghentikan rencana itu! 

Sebagaimana Tuhan sudah menetapkan segala sesuatunya, sesuai dengan yang tertulis di dalam kitab kehidupan, Dia juga akan melakukan hal yang sama di dalam hidup kita. Kita hanya perlu menaruh seluruh keberadaan kita ke dalam tangan-Nya, karena segala sesuatu dijadikannya untuk kebaikan.

Roma 8: 28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Jadi, apa yang sedang kita takutkan saat melangkah memulai tahun 2024 ini? Selidiki hati kita, apakah kita mau percaya bahwa Tuhan pegang kendali?

 

Action: Ambil waktu setiap hari untuk memperkatakan firman Tuhan dalam Roma 8: 28, kuatkan dan teguhkan imanmu bahwa Tuhan peduli atas semua hal dalam hidup kita dan rencana-Nya baik adanya.

Ayat Hafalan: Mazmur 32: 8, “Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.”

Ikuti Kami