12 Gempa di Israel Sepanjang Sejarah Alkitab, Ada Nubuatan Gempa Megathrust?
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 29 August 2024

Kalangan Sendiri

12 Gempa di Israel Sepanjang Sejarah Alkitab, Ada Nubuatan Gempa Megathrust?

Puji Astuti Official Writer
1353

7. Gempa Zaman Nabi Amos 

Dalam kitab Amos mencatat bahwa ia menyampaikan firman Tuhan dan nubuatan 2 tahun sebelum terjadinya gempa di Israel pada zaman Raja Uzia, penguasa Yehuda (Amos 1:1).  

8. Gempa di Masa “The Silent Age”. 

The Silent Age adalah masa dari zaman penulisan kitab terakhir di Perjanjian Lama hingga masa Perjanjian Baru, suatu kondisi dimana sepertinya Tuhan tidak berbicara. Di masa ini, tepatnya tahun 31 Sebelum Masehi, terjadi sebuah gempa besar di wilayah Israel.  

Sejarawan Yahudi-Romawi, dalam karyanya Antiquities of the Jews dan The Jewish War, menyebutkan adanya gempa bumi besar yang melanda Yudea dan sekitarnya. Gempa ini menyebabkan kerusakan parah di wilayah Yudea, termasuk kemungkinan area di sekitar Laut Mati. Di situs arkeologi Qumran, ditemukan bukti fisik yang menunjukkan adanya kerusakan bangunan akibat gempa bumi. 

9. Gempa Saat Penyaliban Yesus. 

Alkitab mencatat bahwa terjadi gempa bumi pada saat Yesus disalibkan, yang menyebabkan tirai Bait Suci terbelah dan batu-batu terpecah (Matius 27:51-54). Peristiwa ini terjadi pada tahun 33 Masehi.  

10. Gempa Saat Kebangkitan Yesus.  

Injil Matius 28:2 mencatat bahwa gempa bumi terjadi ketika seorang malaikat turun dari surga dan menggulingkan batu yang menutup makam Yesus. Gempa ini terjadi pada pagi hari kebangkitan, menandai momen penting ketika Yesus bangkit dari kematian. 

11. Gempa Yang Membebaskan Paulus dan Silas 

Kisah Para Rasul 16:25-26 mencatat bahwa sekitar tengah malam, Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah. Tiba-tiba terjadi gempa bumi yang sangat kuat, sehingga fondasi penjara itu goyah. Akibat gempa tersebut, pintu-pintu penjara terbuka dan belenggu-belenggu mereka terlepas. Peristiwa ini merupakan wujud dari intervensi Allah atau mujizat, walau pada zaman itu, gempa bumi adalah peristiwa yang sering terjadi di kawasan Mediterania, termasuk di Yunani dan Asia Kecil. 

12. Gempa Dalam Nubuatan Akhir Zaman 

Alkitab mencatat bahwa gempa bumi akan menjadi tanda-tanda penting menjelang akhir zaman. Yesus menyebutkan gempa bumi sebagai bagian dari penderitaan awal sebelum kedatangan-Nya kembali (Matius 24:7-8).  

Dalam kitab Wahyu, gempa bumi dikaitkan dengan berbagai peristiwa penghakiman, seperti pembukaan meterai keenam yang menyebabkan gempa bumi dahsyat (Wahyu 6:12), gempa yang menghancurkan sebagian kota besar setelah dua saksi diangkat ke surga (Wahyu 11:13), dan gempa terbesar dalam sejarah manusia yang mengguncang bumi di akhir zaman (Wahyu 16:18). Apakah ini gempa megathrust yang selama ini kita kuatirkan?  

Gempa-gempa ini melambangkan kekuatan Allah dan menjadi peringatan akan penghakiman terakhir yang akan datang. 

Gempa bumi, dalam Alkitab, memiliki makna yang beragam—bisa menjadi kejadian alam biasa, peringatan dari Tuhan, hukuman atas dosa, maupun tanda akhir zaman. Sebagai orang Kristen, kita harus menyikapi gempa bumi dengan bijak dan tidak terpaku pada ketakutan. Sebaliknya, kita diajak untuk waspada dan siap, memahami pentingnya mitigasi bencana sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keselamatan diri dan sesama. 

Melalui pemahaman ini, kita belajar untuk hidup dalam iman yang teguh, sambil tetap berupaya meminimalkan risiko dari bencana alam. Jika gereja Anda ingin mengadakan pelatihan mitigasi bencana, silakan hubungi Obor Berkat Indonesia dengan menghubungi kami di No HP: +6281396389011 atau email : [email protected] untuk mendapatkan bimbingan dan pelatihan yang tepat. 

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami