Fokus pada Hal-Hal yang Positif
Kalangan Sendiri

Fokus pada Hal-Hal yang Positif

Lori Official Writer
      866

Selamat pagi saudara-saudara yang terkasih di dalam Kristus. Di pagi hari yang cerah ini, kita kembali bertemu lagi dan bersama-sama belajar kebenaran Firman Tuhan.

 

Ayat Renungan: Filipi 4:8 “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”

 

Pertanyaan: Apa yang sedang Anda tanam di dalam pikiran Anda saat ini?

Di era informasi yang serba cepat, pikiran kita dibanjiri oleh arus deras berita, opini, dan konten digital. Informasi yang benar dna salah bahkan saling tumpang tindih. Tanpa disadari kita semakin terseret dan menimbulkan dampak negatif atas hidup kita; rasa cemas yang berlebihan, ketakutan yang terus menerus dan hilangnya fokus kepada yang lebih bernilai. 

Rasul Paulus mengajak kita untuk mengambil kendali atas pikiran kita. Di Filipi 4: 8 dia menyampaikan, “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” Ayat ini mengingatkan kita bahwa pikiran kita dan apa yang kita masukkan ke dalam pikiran kita memiliki dampak yang luar biasa atas hidup kita. Karena itu dia mengajak kita untuk menyadari pentingnya mengingatkan diri kita untuk fokus kepada kebenaran firman Tuhan. 

Menjaga apa yang masuk ke dalam pikiran kita sangat penting karena pikiran kita membentuk siapa kita. Dalam artian, pikiran kita adalah cetak biru kehidupan kita. Informasi negatif yang terus-menerus kita konsumsi akan meracuni pikiran kita dan membentuk sikap pesimis, curiga, dan penuh ketakutan. 

Namun dengan fokus pada hal-hal yang positif, kita akan memancarkan energi positif dan menjadi pribadi yang lebih baik. Karena itu membangun pikiran positif membutuhkan disiplin yang tinggi. Sama seperti ketika kita berjuang di pusat kebugaran untuk membentuk otot tubuh kita, kita juga perlu melatih pikiran untuk selalu fokus pada hal-hal yang baik. 

Jika saat ini Anda sedang berjuang menjaga pikiran Anda dari hal-hal negatif di sekitar Anda, cobalah dengan melakukan beberapa hal ini:

- Selektif memilih informasi yang dikonsumsi, dan yang tak kalah penting batasi waktu mengakses media sosial.

- Mulai bersyukur dengan hal-hal sederhana dalam hidup Anda setiap hari.

- Pilih orang-orang positif untuk bergaul dan yang mampu mendorong Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Mari andalkan Roh Kudus untuk memampukan Anda mengikat setiap pikiran-pikiran negatif ini di dalam kuasa Kristus (2 Korintus 10: 5b). Latihlah pikiran kita untuk fokus kepada hal-hal yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. 

Selamat berpraktek. Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami