Transformasi Dimulai Dari Kondisi Fisik
Kalangan Sendiri

Transformasi Dimulai Dari Kondisi Fisik

Lori Official Writer
      853

Selamat pagi saudara yang dikasihi Tuhan. Di minggu ini kita masih terus belajar tentang pentingnya menjaga kondisi tubuh, jiwa dan roh kita. 

 

Ayat Renungan: Roma 12: 1“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.”

 

Pertanyaan: Sudahkah Anda melatih tubuh Anda tetap sehat dan bugar?

 

Jika Anda rindu mengalami transformasi atas hidup Anda maka mulailah mengambil langkah perubahan secara fisik. Kenapa? Karena tubuh kita mempengaruhi perilaku kita. Otot kita mempengaruhi suasana hati dan motivasi kita. Artinya, seluruh kondisi fisik kita akan mempengaruhi kondisi mental kita.

Di Roma 12: 1 disampaikan, supaya kita “mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” Karena kita dibentuk dari tubuh manusia yang lemah, kita perlu menjaganya untuk tetap kudus. Bagaimana caranya? Mari memulainya dengan tiga langkah ini:

- Perhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh. Di dalam 2 Korintus 7: 1 disampaikan, “…marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.” Jadi mari menjaga tubuh kita dengan mengendalikan apa yang kita izinkan masuk ke dalam pikiran kita lewat apa yang kita tonton, dengar dan ucapkan. Atau apa yang kita makan dan minum.

- Rawat tubuh. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah bentuk penyembahan kepada Tuhan. Seperti disampaikan dalam Efesus 5: 29, “Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya…”

- Kendalikan tubuh. Salah satu kekalahan terbesar kita sebagai manusia adalah mengendalikan keinginan daging kita. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Di dalam 1 Tesalonika 4: 4 mengingatkan kita bahwa kita bertanggung jawab untuk menguasai tubuh kita agar tetap kudus di hadapan Tuhan.

Saat ini Anda mungkin rindu mengalami transformasi dalam beberapa aspek di hidup Anda. Mari mulai mengevaluasi bagian fisik apa saja yang masih belum Anda jaga dengan baik dan apa dampaknya bagi kondisi mental Anda? Mari mulai bereskan itu dan minta supaya Tuhan memampukan Anda mengatasi segala godaan yang membuat Anda berhenti atau menyerah.

Ikuti Kami