Makna Dibalik Bendera Israel, Bintang Daud dan Tallit
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 9 August 2024

Kalangan Sendiri

Makna Dibalik Bendera Israel, Bintang Daud dan Tallit

Puji Astuti Official Writer
646

Israel, negara penuh kontroversi dan menjadi sumber pertentangan dari sejak ribuan tahun. Bendera Israel pun sering menjadi sasaran kebencian. Negara yang berdiri kembali secara resmi pada tahun 1948 ini memiliki sejarah ribuan tahun ke belakang, dari sebuah keluarga berkembang menjadi suku-suku dan negara.  

Nubuatan para nabi, dan penggenapan firman Tuhan sudah menjadi bagian dari jatuh bangunnya bangsa Israel. Tapi tahukah Anda bahwa bendera Israel memiliki makna penting? 

Sejarah Bendera Israel 

Bendera Israel secara resmi diperkenalkan lima bulan setelah deklarasi berdirinya negara Israel, yaitu 28 Oktober 1948. Negara Israel sendiri berdiri secara resmi pada 14 Mei 1948, pembentukan negara ini atas dorongan gerakan Zionisme yang dimulai sejak awal abad 19 dan juga dukungan dari Pemerintah Inggris yang mengeluarkan Deklarasi Balfour pada tahun 1917 yang menyatakan dukungan untuk pendirian "sebuah rumah nasional untuk bangsa Yahudi" di Palestina. 

Bendera Israel sendiri di adopsi dari bendera gerakan zionisme, desain bendera ini pertama kali diperkenalkan pada Konferensi Zionis Kedua di Basel, Swiss, pada tahun 1898. 

Simbol Dalam Bendera Israel  

Simbol pada bendera Israel ada dua bagian, dan keduanya memiliki arti atau makna yang sangat penting.  

Garis warna biru dan putih 

Warna biru dan putih pada bendera Israel melambangkan warna tallit atau  jubah doa Yahudi. Penggunaan tallit atau jubah doa ini mengacu pada perintah Tuhan dalam Bilangan 15:38-39  dan Ulangan 22:12.  

Talit Gedolah, dikenakan selama doa. Biasanya berwarna putih dengan garis-garis biru atau hitam, talit gedolah adalah simbol penting dalam kebaktian keagamaan Yahudi wajib digunakan oleh pria yang sudah menikah selama berdoa. 

Bintang Daud 

Sekalipun tidak ada catatan khusus tentang lambang bintang  Daud di Alkitab, namun ada catatan beberapa rabi Yahudi yang menyatakan bahwa bintang Daud adalah lambang yang ada di perisai Raja Daud. Sehingga bintang Daud menjadi sebuah lambang tentang pelindung atau pemerintahan Israel.  

Sedangkan secara makna, Bintang Daud terdiri dari dua segitiga yang saling bertaut: satu mengarah ke atas mengarah kepada Tuhan dan yang lainnya mengarah ke bawah menuju manusia, melambangkan hubungan antara keduanya—"perpaduan dua wilayah" (sumber: Franz Rosenzweig, Star of Redemption, 1912). 

Juga ada beberapa penafsiran lain, seperti :  

  • Menurut Rosenzweig, enam titik bintang ini mewakili dua triad: penciptaan, wahyu, dan penebusan, bersama dengan Tuhan, Israel, dan dunia non-Yahudi. 
  • Eder, di sisi lain, mengartikan bahwa enam titik ini mewakili enam aspek Roh Ilahi menurut Yesaya 11:2 (Eder, The Star of David, hal. 73).  
  • Aliran Yahudi Kabbala mengajarkan bahwa enam titik menunjukkan luasnya kekuasaan Tuhan (utara, selatan, timur, barat, atas, dan bawah). Bintang ini memiliki 12 garis di sekelilingnya, mungkin mewakili 12 Suku Israel. 

Jadi secara umum makna bendera Israel sangat penting bagi orang Yahudi dan bangsa Israel, dimana garis biru dan putih melambangkan kehidupan bangsa yang dipandu oleh hukum Taurat dan bintang Daud melambangkan kesatuan bangsa Israel.  

Berdirinya kembali bangsa Israel sebagai sebuah negera menggenapi nubuatan Nabi Yehezkiel dimana Tuhan berjanji, “Aku akan mengambil kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri, dan membawa kamu kembali ke negerimu.” (Yehezkiel 36:24). Hal ini menggambarkan kesetiaan Tuhan kepada bangsa pilihan-Nya dan janji-Nya yang murni dan pasti digenapi.  

BACA JUGA : 

Apa yang Dimaksud dengan Bangsa Israel Sebagai Umat Pilihan Allah?

Mengungkap Sejarah Nama Israel dan Maknanya Menurut Alkitab

Fakta Mengapa Orang Israel Ziarah ke Yerusalem

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami