Anda Sedang Getting Old atau Growing Old? Cek Disini
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 6 June 2024

Kalangan Sendiri

Anda Sedang Getting Old atau Growing Old? Cek Disini

Puji Astuti Official Writer
1161

3 Ciri Growing Old atau Bertumbuh Tua

1. Bertumbuh Secara Hikmat dan Semakin Bijaksana 

Hikmat atau kebijaksanaan yang berasal dari Tuhan adalah fondasi dalam menjalani kehidupan yang penuh makna, terutama dalam usia lanjut.Proses "growing old" bukan hanya tentang menerima kenyataan bahwa tubuh kita semakin tua, tetapi juga tentang bagaimana kita merespon perubahan tersebut dengan bijaksana dan penuh iman.  

Hal ini mencakup pengelolaan emosi yang matang dan kebijaksanaan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Pengelolaan emosi yang matang adalah bagian dari pertumbuhan rohani, di mana kita belajar untuk lebih sabar, penuh kasih, dan pengertian, seperti yang diajarkan dalam Galatia 5:22-23 tentang buah Roh

“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.” 

Dengan memiliki dan mempraktikkan buah Roh, kita dapat menghadapi proses penuaan dengan penuh damai dan sukacita, serta menjadi teladan bagi generasi yang lebih muda. 

2. Bertumbuh Dalam Karakter yang  Saleh 

Karakter yang kuat dan saleh tidak muncul secara instan, tetapi melalui proses panjang yang melibatkan kesetiaan kepada Tuhan dalam segala keadaan, termasuk dalam masa tua. Dalam Roma 5:3-4, Paulus menulis, “Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.” 

Melalui proses kehidupan, kita akan semakin kuat dalam karakter dan pengenalan kita akan Tuhan. Ketekunan yang sudah teruji selama bertahun-tahun akan membentuk iman dan karakter Ilahi dalam hidup kita.  

Sehingga ketika kita bertambah usia, bukannya kehilangan tujuan atau semangat hidup, tetapi justru menjadi semakin memancarkan kasih dan kebaikan Tuhan kepada orang lain. 

Baca artikel selanjutnya -->

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami