Apakah Perkembangan AI Mengancam Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Anak-Anak?
Sumber: Google

Parenting / 5 June 2024

Kalangan Sendiri

Apakah Perkembangan AI Mengancam Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Anak-Anak?

Jery Patampang Official Writer
547

"No, untuk mereka yang terlatih dengan great creative idea yang very human itu ga tidak usah takut. Makanya (kreativitas dan kemampuan berpikir kritis) perlu dilatih," ungkap Damon. 

Dengan kata lain, jika anak-anak terus diasah untuk mengembangkan kreativitas mereka di tingkat yang lebih tinggi, AI tidak akan menjadi ancaman. Sebaliknya, AI bisa menjadi alat yang membantu mereka dalam mengeksplorasi dan mengekspresikan kreativitas mereka lebih jauh.

Perkembangan AI saat ini membawa tantangan sekaligus peluang dalam dunia kreativitas dan berpikir kritis anak-anak.

Seperti yang dijelaskan oleh Damon Hakim, AI dapat mengancam kreativitas jika kita tidak menanamkan value yang uniquely human atau nilai yang hanya bisa dimiliki manusia dan tidak dimiliki AI. Tetapi, jika anak yang terus dilatih untuk mengembangkan kreativitas mereka, maka AI tidak akan menghambat perkembangan anak-anak.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus mendorong anak-anak untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan kreatif dan berpikir kritis mereka, sehingga mereka dapat tetap relevan dan unggul di era digital ini.

Jadi, dengan adanya AI, segala sesuatu yang biasa-biasa saja akan tergantikan oleh AI sehingga menghilangkan value manusia itu sendiri. Sebaliknya, jika kita mengasah kreativitas dan kemampuan berpikir kritis anak, maka kemampuan manusia tetap memiliki nilai yang tak tergantikan.

Sumber : Damon Hakim
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami