Ngemil Tengah Malam Tanpa Takut Gemuk? Begini Rahasianya...
Sumber: Canva.com

Health / 26 May 2024

Kalangan Sendiri

Ngemil Tengah Malam Tanpa Takut Gemuk? Begini Rahasianya...

Aprita L Ekanaru Official Writer
738

Sulit banget berhenti ngemil saat weekend, kan? Punya nggak cemilan malam yang aman dan nggak bikin gemuk? Apalagi kalau rasa lapar datang tengah malam. Kalau Anda merasa relate, yuk simak lanjutannya!

Jawabannya bukan martabak, ice cream, seblak, atau french fries! Makanan ini tidak baik dikonsumsi, apalagi tengah malam. Bukan hanya soal kalori, banyak cemilan diam-diam bikin gemuk dan merusak kesehatan. Tenang, ada 5 cemilan tengah malam yang aman dikonsumsi. Yuk, simak selengkapnya!

1. Salad sayuran

Jangan terkecoh dengan kata "salad"! Banyak salad mengandung kalori setara burger. Salad sayuran kaya kalium baik dikonsumsi kapan saja untuk menjaga tekanan darah, kenyang lebih lama, dan kestabilan gula darah. Tambahkan tuna, ayam panggang, atau keju alami untuk nutrisi ekstra, hindari keju olahan atau kripik rasa keju.

2. Telur utuh

Siapa bilang telur hanya untuk sarapan? Cobalah Anda buat cemilan tengah malam! Kandungan nutrisi istimewa seperti asam amino esensial, omega-3, vitamin A, D, choline, dan zinc nggak cuma bikin kenyang tapi juga bantu regenerasi otot dan organ saat tidur. Mau direbus, jadi omelet, atau campuran salad, semua enak. Tapi, jangan dicampur buat nasi goreng ya!

3. Dark Chocolate

Tunggu dulu, ini bukan tentang semua coklat batang yang berlabel "dark chocolate". Yang dimaksudkan dark chocolate yang baik (di atas 70% dan tanpa tambahan gula). Dark chocolate dengan kandungan magnesium tinggi tidak hanya memberikan kebahagiaan selama 5-10 menit, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur. Anda hanya perlu 2-3 potong kecil (20-30 gr) untuk mendapatkan manfaat ini. Jangan gunakan ini sebagai alibi untuk makan coklat lebih banyak!

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Dr Hans Kristian Pranoto, CSN, PN1 | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami