Rahasia Hidup Penuh Sukacita Ditengah Berbagai Tantangan Hidup
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 18 April 2024

Kalangan Sendiri

Rahasia Hidup Penuh Sukacita Ditengah Berbagai Tantangan Hidup

Puji Astuti Official Writer
927

Sukacita bukan hanya perasaan yang menyenangkan. Pertama-tama, sukacita adalah sumber kekuatan spiritual. Ketika kita hidup dalam sukacita yang sejati, kita mampu mengatasi tantangan hidup dengan lebih baik karena kita memiliki penghiburan dan kekuatan dari Allah. 

Kedua, ketika kita dapat bersukacita dalam segala keadaan maka kita akan menjadi kesaksian yang nyata tentang Kristus bagi dunia. Ketika orang melihat kita memiliki sukacita yang tidak tergoyahkan bahkan di tengah-tengah kesulitan, itu menjadi kesempatan bagi kita untuk membagikan kabar baik tentang kasih dan kuasa Allah kepada mereka. 

Bagaimana Memiliki Sukacita ini? 

Satu hal yang terpenting perlu disadari bahwa sukacita yang tidak mengenal keadaan lahir dari hubungan dengan Yesus Kristus. Untuk itu, agar sukacita ini selalu dalam hidup kita maka kita perlu terus terhubung dengan Tuhan. Bagaimana caranya?  

1. Doa dan Pujian. 

Salah satu cara terbaik untuk menjaga sukacita dalam segala keadaan adalah melalui doa dan pujian. Ketika kita mengalami kesulitan, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah dalam doa dan memuji Tuhan.  

Dalam Mazmur 22:3 menyatakan bahwa Tuhan bertahta di atas puji-pujian umat-Nya. Dengan doa dan pujian, maka kita masuk dalam hadirat Tuhan dan akan membangkitkan iman dan sukacita kita apapun keadaan yang kita hadapi.  

2. Sabar dan Percaya. 

Menjaga sukacita juga membutuhkan kesabaran dan iman yang kuat. Terkadang, Tuhan mengijinkan kita untuk menunggu agar doa-doa kita dijawab, dan pada proses itu kita melihat situasi semakin memburuk. Namun, kita dipanggil untuk tetap percaya bahwa Allah bekerja untuk kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Roma 8:28) dan bersabar menantikan waktu-Nya yang sempurna. 

3. Fokus pada Firman Tuhan. 

Firman Tuhan adalah sumber kekuatan dan penghiburan bagi kita. Ketika kita merasa lemah, kita dapat menemukan kekuatan itu dari dari ayat-ayat Alkitab. Sebab Allah berbicara kepada kita melalui firman Tuhan. Firman-Nya itulah memberi kita kekuatan, penghiburan dan semangat untuk terus maju dan mempertahankan sukacita kita bahkan di tengah-tengah cobaan hidup. 

Apa Dampak Hidup Yang Penuh Sukacita? NEXT>>

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami