Para Saksi Mata Peristiwa Penyaliban Yesus
Sumber: Jawaban

Fakta Alkitab / 27 March 2024

Kalangan Sendiri

Para Saksi Mata Peristiwa Penyaliban Yesus

Puji Astuti Official Writer
1354

Perempuan-perempuan Pengikut Yesus 

Salah satu kelompok yang paling setia mengikut Yesus selama pelayanan-Nya di Bumi adalah para perempuan. Bahkan hingga Yesus disalibkan, mereka tidak takut menghadapi ancaman. Diantara mereka ada Maria, ibu Yesus, juga saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena (Yohanes 19:25). Bahkan di Matius 27:56-57 dituliskan ada banyak perempuan yang mengikuti Yesus dari Galilea.  

Yusuf Arimatea dan Nikodemus 

Kedua orang ini, Yusuf Arimatea dan Nikodemus adalah murid Yesus namun dengan kedudukan terpandang yang kaya dan berpengaruh. Untuk itulah ketika Yesus telah mati di kayu salib, Yusuf Arimatea memiliki keberanian untuk meminta mayat Yesus kepada otoritas Romawi. Ketika Yesus akan dikuburkan, Nikodemus datang dan menyediakan rempah-rempah untuk penguburannya (Yohanes 19:38-39; Matius 27:57; Lukas 23:50-53) 

Dengan pemaparan Fakta Alkitab di atas, kita bisa tahu bahwa penyaliban Yesus Kristus bukan hanya disaksikan satu atau dua orang, tetapi disaksikan langsung oleh ratusan dan mungkin ribuan orang Yahudi saat itu. Peristiwa besar itu terjadi di masa-masa perayaan Paskah umat Yahudi di saat para peziarah orang Yahudi datang dari berbagai kota bahkan negara untuk beribadah di Bait Allah. Jadi apa yang terjadi pasti menjadi pusat perhatian di saat itu.  

Para saksi-saksi penyaliban Kristus itu, tidak semuanya mempercayai-Nya sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Namun dari mereka kita bisa belajar bahwa untuk percaya kepada Yesus adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Kita, yang seharusnya mati karena dosa, diselamatkan oleh penebusan-Nya. Hal itu hanya bisa kita alami karena karya Roh Kudus (Yohanes 16:15-18).  

Peristiwa penyaliban Yesus adalah tonggak utama dalam iman Kristen, mengingatkan kita akan kasih Tuhan yang sangat besar kepada manusia sehingga Ia karuniakan Anak-Nya yang tunggal (Yohanes 3:16). Apakah Anda mau mengenal pribadi yang begitu mengasihi Anda tersebut? Jika Anda mau mengenal Tuhan Yesus lebih lagi atau memiliki pertanyaan seputar Yesus dan kehidupan Kristen, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI.  

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami