VIDEO: MIDLIFE CRISIS TAK TERHINDARKAN! APA YANG HARUS KELUARGA KRISTEN LAKUKAN?
Sumber: Jawaban Channel

Berita CBN / 11 March 2024

Kalangan Sendiri

VIDEO: MIDLIFE CRISIS TAK TERHINDARKAN! APA YANG HARUS KELUARGA KRISTEN LAKUKAN?

Puji Astuti Official Writer
499

Semakin dewasa apakah akan membuat seseorang semakin stabil kehidupannya? Tidak selalu, ada masa-masa dimana kehidupan seseorang akan digoncangkan baik itu karena pengaruh dari luar ataupun juga krisis yang terjadi di dalam dirinya. Bagi mereka yang memasuki rentang usia 40 hingga 60 tahun, salah satu goncangan yang patut di waspadai adalah krisis paruh baya atau midlife crisis.  

Bagi para pria, usia 40 hingga 60 tahun adalah masa-masa mempersiapkan pensiun. Namun keadaan tidak selalu seperti yang diharapkan, hal tersebut memunculkan berbagai gejolak emosi. Banyak faktor yang dapat memicu krisis ini, mulai dari rasa jenuh dengan keadaan saat ini hingga penyesalan terhadap perjalanan karir atau keputusan finansial yang diambil. 

Para ahli menyebutkan bahwa dalam krisis paruh baya, seorang pria bisa mengalami perubahan emosional yang signifikan, mencari sesuatu yang membuatnya merasa hidup kembali di luar rumahnya, bahkan hingga mempertaruhkan rumah tangganya sendiri. Untuk itu mereka yang memasuki masa midlife crisis rentan mengalami guncangan rumah tangga dan bahkan perceraian.  

Pada tahun 1958, psikoanalisis Edmund Bergler menerbitkan "The Revolt of the Middle-Aged Man," menyatakan bahwa rusaknya hubungan suami istri dalam krisis paruh baya seringkali disebabkan oleh keinginan sang suami untuk mengejar kepuasannya sendiri, tanpa memedulikan hubungan pernikahannya. Di sisi lain, istri seringkali merasa kesepian dan bingung dengan perubahan pasangannya. 

Namun, apakah semua pria harus mengalami krisis paruh baya? Ataukah proses ini bisa dihindari atau di atasi?  

Hal inilah yang dikupas dalam perbincangan antara Mark McClendon host Cahaya Bagi Negeri dengan Ir. Jarot Wijarnoko,  pendiri Keluarga Indonesia Bahagia. Ternyata ada solusi dan jalan keluar sehingga para pria dapat maksimal dalam hidupnya sekalipun memasuki masa paruh baya. Apa kuncinya? Mari saksikan dalam perbincangan dalam video berikut ini :  

Mari bagikan kepada keluarga dan sahabat sehingga mereka juga dapat diberkati melalui video ini.  

Tonton juga video lainnya:

VIDEO: INDONESIA DARURAT OBESITAS! INI RESEP PANJANG UMUR?

VIDEO : AI: SAHABAT ATAU MUSUH? ORANG KRISTEN HARUS APA?

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami