Sumber Kekuatan untuk Terus Bergerak Maju
Kalangan Sendiri

Sumber Kekuatan untuk Terus Bergerak Maju

Lori Official Writer
      1559

Ayat Renungan:

2 Korintus 4: 9, “Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.”

Joshua 1: 6, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.”

 

Dalam sebuah pertandingan, kita mungkin pernah mendengar para penonton berteriak memotivasi atlet agar tetap semangat dan meraih kemenangan. Motivasi bisa menjadi sumber energi bagi seorang atlet dan hal serupa juga berlaku dalam pelayanan! Saat kita sedang kelelahan secara emosional, mental atau spiritual mengerjakan panggilan Tuhan, kita membutuhkan suntikan semangat.

Lalu darimana semangat ini bisa kita dapatkan? Dari firman Tuhan! Seorang Joshua, dipilih Tuhan untuk melanjutkan tongkat estafet Musa untuk membawa bangsa Israel menaklukkan Tanah Perjanjian. Tahukah bahwa itu adalah tugas yang menakutkan! Untuk mencapai tujuan tersebut, Joshua dan bangsa Israel pastinya harus mengorbankan banyak hal baik air mata, rasa lelah maupun pertaruhan nyawa. Tapi Tuhan sendiri meneguhkan Joshua, seperti disampaikan dalam Joshua 1: 6, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.” Inilah janji Tuhan yang membuat semangat Joshua terus bangkit bahkan ketika keadaan Sungai Yordan mustahil disebrangi. 

Iman yang sama juga dimiliki oleh Rasul Paulus ketika dia menyampaikan dalam 2 Korintus 8-9 bahwa dalam beragam penindasan dan rasa sakit, dia tidak memilih untuk menyerah karena dia percaya ada Tuhan yang senantiasa menyertai. 

Jadi bagaimana kita bisa menyelesaikan tugas panggilan dari Tuhan melalui hidup kita?

Kita perlu menyadari bahwa kita punya Tuhan yang selalu menyertai! Kita perlu mengingat kebenaran ini sebagai sumber motivasi kita! “Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28: 20) Mari terus mengingat janji ini dan menjadikannya motivasi untuk terus bergerak maju dan menyelesaikan mandat yang Dia sudah taruhkan atas hidup kita.

 

Action: Selain mengingat ayat di atas, akan sangat membantu jika kita juga membuat beberapa daftar ayat Alkitab yang bisa memberi kita motivasi. Dan waktu kita sedang merasa, tak berdaya atau hampir menyerah, bacalah kembali ayat-ayat ini untuk membangkitkan kembali semangatmu.

Ayat Hafalan: Yakobus 1:4, "Dan biarlah ketekunan itu membuahkan hasil yang sempurna, supaya kamu sempurna dan utuh, tidak kekurangan apa pun."

Ikuti Kami