Dimampukan Karena Firman Tuhan
Kalangan Sendiri

Dimampukan Karena Firman Tuhan

Lori Official Writer
      1879

Ayat Renungan: Yosua 1: 6, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.”

 

Renungan pagi ini akan kembali mengajak kita belajar mengikuti panggilan Tuhan di dalam mengajar generasi anak di zaman ini. Kitab Yosua 1: 6 berkata, “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.”

Ayat ini adalah pengingat bagi kita bahwa Tuhan sudah menjanjikan satu hal yang besar melalui hidup kita, terutama bagi setiap orang yang terpanggil untuk mengajar generasi. Dan supaya kita berhasil mengerjakannya, kita perlu firman Tuhan yang menuntun kita hidup menjadi teladan yang baik bagi anak yang kita ajar. Seperti disampaikan di ayat 8, “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

Firman adalah pedoman yang bisa menguatkan, meneguhkan dan mengarahkan kita di dalam memuridkan. Dengan menghidupi firman, kita bisa menirukan teladan dari Tuhan atas hidup kita. Sehingga kita bisa membagikan teladan Kristus melalui hidup kita kepada generasi yang kita ajar. Seperti ungkapan yang berkata “Action talk louder than word”. Tindakan berbicara lebih kuat daripada kata-kata. Jadi, tindakan, kata-kata dan pemikiran kita akan mengalir secara langsung kepada anak yang kita muridkan.

Selain itu, kita juga perlu mengandalkan firman Tuhan untuk menolong generasi kita saat ini dari beragam tantangan yang mereka hadapi. Kesanggupan kita di dalam mentransformasi hidup seorang anak asalnya dari firman Tuhan. Karena kemampuan dan pengalaman kita terbatas. Tapi saat kita mau melekat kepada Tuhan setiap hari, kita tidak hanya akan mendapatkan banyak ide atau inspirasi untuk kita bisa bagikan. Tetapi kita juga bisa menyaksikan bagaimana pengajaran yang kita bagikan mampu mengubahkan hidup mereka.

 

Action: Tantang dirimu untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari. Coba mulai dari menyusun bacaan Alkitab harian, setelah itu ikuti jadwalnya secara konsisten setiap hari. Supaya lebih termotivasi ajak keluarga, teman sepelayanan atau orang terdekat lain untuk ikut tantangan ini.  

Ayat Hafalan: Kisah Para Rasul 1:8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami