Perkataan Firman yang Membawa Perubahan
Kalangan Sendiri

Perkataan Firman yang Membawa Perubahan

Lori Official Writer
      2000

Ayat Renungan: 2 Timotius 3: 16, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

 

Tahukah bahwa memperkatakan firman Tuhan akan membawa perubahan dalam hidup, bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi hal ini sangat berdampak bagi hidup seorang anak. Dalam 2 Timotius 3: 16 disampaikan, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Ada empat hal yang bisa kita pelajari ketika kita memperkatakan firman Allah kepada anak-anak kita. 

Pertama, bermanfaat untuk mengajar. Kita dan anak-anak kita bisa memperoleh pengetahuan melalui firman Tuhan. Firman Tuhan bermanfaat untuk memberikan pengajaran-pengajaran yang baik dan berguna atas hidup kita dan anak-anak kita.

Kedua, bermanfaat untuk menyatakan kesalahan. Hanya Roh Kudus yang mampu menginsafkan kita dari segala kesalahan yang kita lakukan. Jadi penting sekali bagi orang percaya dari berbagai kalangan usia untuk terkoneksi dengan firman Tuhan bahkan sejak ia masih belia. Firman berisi isi hati Tuhan yang berkuasa mengoreksi hidup seseorang dan mendatangkan pertobatan, sehingga melalui bantuan firman hidup seseorang dibenarkan dihadapan Tuhan.

Ketiga, untuk memperbaiki kelakuan. Hidup seseorang bisa berubah setelah disentuh oleh kebenaran firman Tuhan. Bahkan seseorang yang tadinya kerap mengucapkan kata-kata kasar dan melukai, diubahkan menjadi seseorang yang selalu mengungkapkan kata-kata berkat.

Keempat, untuk mendidik dalam kebenaran. Hanya firman Tuhan yang bisa menuntun kepada kebenaran Allah. Jadi menanamkan firman di dalam hidup seseorang sejak belia akan menolongnya untuk memiliki fondasi yang kuat di dalam iman.

Sejak semula Tuhan sudah mendesain hati manusia untuk tetap taat kepada firman Tuhan. Satu-satunya jalan untuk membuat generasi ini hidup di dalam Tuhan adalah dengan mengajarkan firman Tuhan dalam hidup seseorang sejak kecil. 

Seorang anak yang dilatih mendengar firman Tuhan setiap hari oleh orang tuanya, maka karakter anak tersebut berubah seperti karakter Allah. Jadi mari mulai memperkatakan firman Tuhan kepada anak dan orang-orang yang kamu kasihi.

 

Action: Ajak semua anggota keluargamu untuk melakukan tantangan baca Alkitab setiap hari. Pertama, buat daftar bacaan setiap hari dan tantang mereka untuk membaca satu pasal setiap hari dan ambil waktu evaluasi selama 15-30 menit setiap hari untuk membagikan apa yang mereka dapatkan dari firman yang dibaca tersebut.

Ayat Hafalan: 2 Timotius 3: 15, “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.”

 

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami