Anak Ngomong Kasar, Gimana Cara Orangtua Kristen Meresponnya?
Sumber: Freepik @jcomp

Relationship / 1 September 2023

Kalangan Sendiri

Anak Ngomong Kasar, Gimana Cara Orangtua Kristen Meresponnya?

Claudia Jessica Official Writer
1917

Anda pasti terkejut ketika mendengar anak Anda berbicara kasar kan? Anda juga mungkin merasa kecewa, tapi jangan sampai Anda merasa gagal mendidik anak Anda ya! Perjalanan dalam mendidik anak tidak memiliki garis finish. Mendidik dan membimbing anak adalah pekerjaan yang tidak akan pernah berakhir.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara merespon anak yang berbicara kasar?

Sebelum mengambil tindakan, apalagi memarahi anak, kita perlu mencari tahu darimana anak mengetahui kata-kata tersebut. Apakah anak mendengarnya dari teman sebaya, acara televisi, atau mungkin dari lingkungan sekolah? Ini akan membantu Anda memahami lebih baik mengapa anak Anda menggunakan kata-kata tersebut.

Langkah kedua, tanyakan kepada anak apa yang sebenarnya mereka maksudkan dengan kata-kata tersebut. Terkadang, anak mungkin tidak sepenuhnya memahami arti kata-kata tersebut atau menggunakan kata-kata tersebut tanpa memahami konsekuensi emosional yang terkait. Dengan bertanya, Anda dapat membuka pembicaraan dan dapat mengungkapkan perasaan atau pikiran yang mendasarinya.

Sebagai orang kristen, Tuhan mengajarkan kita untuk mengasihi anak-anak sekalipun mereka melakukan kesalahan. Alkitab adalah Firman Tuhan yang hidup yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. kejadian 3 memberi teladan kepada orang tua Kristen tentang bagaimana mendisiplinkan anak secara Alkitabiah. Mari kita lihat bagaimana Allah menangani dosa pertama manusia:

#1 Temui anak Anda

Hal pertama yang Allah lakukan ketika mendapati anak-Nya melakukan dosa adalah mencari mereka. Anak Anda mungkin saja akan bersembunyi, sama seperti yang dilakukan oleh Adam dan Hawa. Mereka membutuhkan “ruang” untuk merenungkan kesalahan yang mereka perbuat. Namun, Anda harus menghampirinya dengan tenang dan beritahu mereka bahwa Anda tahu mereka telah melakukan kesalahan dan telah menyadarinya. Katakan bahwa Anda menunggu mereka untuk mendiskusikannya.

 

BACA JUGA: Atasi Masalah Perilaku Anak Anda dengan Memperkatakan Ayat Alkitab Ini

 

#2 Ajukan pertanyaan yang bagus

Sebelum mengetahui konsekuensi dari tindakan mereka, Allah mengumpulkan informasi terlebih dahulu. Meskipun tanpa bertanya, Allah sudah tahu apa yang terjadi, tetapi Ia ingin mendengarkan anak-anakNya.

Allah bertanya kepada Adam bagaimana ia mengetahui dirinya telanjang dan apakah dia tidak taat dengan ucapan Allah? Adam mengabaikan tanggung jawabnya dan menyalahkan Hawa, sedangkan Hawa menyalahkan ular yang menghasutnya. Terdengar seperti orang tua dan anak-anak yang sedang saling menyalahkan ya?

Terkadang kemarahan dapat membutakan kita. Alih-alih meluapkan emosi dengan meledak-ledak, cobalah kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Misalnya, alih-alih mengajukan pertanyaan secara frontal seperti, “Mengapa kamu berbicara dengan kasar seperti itu?” yang akan menekan anak dan mendorongnya untuk menjawab dengan kebohongan, bagaimana jika bertanya, “Darimana kamu tahu kata-kata itu? Apa yang kamu ketahui tentang kata-kata itu?” dan semacamnya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : cornerstonesforparents.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami