Iman di Tengah Bencana
Kalangan Sendiri

Iman di Tengah Bencana

Claudia Jessica Official Writer
      2620

Ayat Renungan:

1 Korintus 10:13 “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

 

Tidak ada satupun dari kita yang menginginkan bencana terjadi dalam hidup kita. Tetapi realitanya, bencana seringkali datang tanpa bisa diprediksi.

Ingat dengan bencana yang terjadi di Cianjur? Saya yakin, tidak ada satupun orang yang siap untuk menghadapi bencana itu.

Bencana itu membuat mereka kehilangan rumah, harta benda, bahkan mereka juga kehilangan orang yang dicintai. Bayangkan, jika bencana tersebut terjadi kepada kita, apakah kita mampu membangkitkan iman dan tetap mempercayai Tuhan?

Alkitab mencatat ada beberapa hal yang dapat kita pelajari:

1. Bencana yang terjadi tidak akan melebihi kekuatan kita (1 Korintus 10: 13)

Tuhan tahu kemampuan kita sekalipun kita merasa terlalu sulit dan tidak mampu, tetapi Tuhan memberi kita kekuatan dan menyertai kita untuk melewati bencana ini bersama-Nya.

2. Tuhan akan memberikan jalan keluar (1 Korintus 10: 13c)

Jauh sebelum bencana datang, Tuhan telah menyiapkan jalan keluar untuk kita.

3. Bencana tidak akan melebihi kekuatan kita

Coba tuliskan bencana apa saja yang pernah Anda lalui bersama Tuhan. Lihatlah! Anda berhasil melalui semua bencana itu, artinya bencana yang terjadi dalam hidup kita tidak akan melebihi kekuatan kita.

4. Meneguhkan kembali iman kita di dalam Tuhan

Suatu kali Ayub berkata, “Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?” (Ayub 2:10)

Hal baik dan hal buruk adalah dua hal yang menjadi bagian dari kehidupan, tetapi satu hal yang harus kita tahu adalah Tuhan mengasihi kita dan tidak akan pernah meninggalkan kita.

 

Action:

Jadikan 4 hal ini sebagai pedoman saat kita atau orang-orang di sekitar kita menghadapi segala bencana.

Hari ini, milikilah hati yang bersikap positif yang mampu menerima apa yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita.

Ayat Hafalan: Roma 8: 28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Ikuti Kami