7 Cara Supaya Pemimpin Gereja Persiapkan Khotbah Minggu Dengan Maksimal

Kata Alkitab / 13 February 2022

Kalangan Sendiri

7 Cara Supaya Pemimpin Gereja Persiapkan Khotbah Minggu Dengan Maksimal

Lori Official Writer
2500

Mempersiapkan khotbah untuk ibadah minggu ataupun pertemuan komunitas gereja menjadi kewajiban bagi para pemimpin gereja yaitu pendeta maupun mentor.

Bagi Anda yang masih pemula dan sama sekali tidak tahu bagaimana cara mempersiapkan khotbah yang bagus, menarik dan berisi pesan yang mudah diterima oleh jemaat dan anggota komunitas Anda, maka cobalah untuk menerapkan 7 langkah praktis di bawah ini:

1. Menyampaikan khotbah tidak seharusnya dilakukan dengan seadanya. Asalkan ada ya sudahlah. Tetapi pastikan lebih dulu apakah jemaat yang mendengar atau anggota komunitas benar-benar sedang membutuhkan pesan firman Tuhan yang akan Anda bagikan?

Tugas seorang pemimpin adalah untuk membimbing orang-orang yang dipimpinnya untuk semakin dekat dengan Tuhan. Jadi apakah Anda mau mereka semakin dekat dengan Tuhan lewat pesan khotbah yang Anda bagikan?

Jika Anda ingin melihat mereka diberkati lewat khotbah Anda, tentunya Anda perlu mencari isi hati Tuhan lewat doa. Minta Roh Kudus menyingkapkan apa yang sedang dibutuhkan oleh anggota gereja saat ini untuk dibagikan. Karena itu Anda perlu meluangkan waktu maksimal untuk mempersiapkannya, bukan khotbah yang kepepet.

 

2. Tanyakan pada diri Anda: Apakah khotbah yang saya sampaikan sudah saya hidupi dalam hidup saya? Tuhan mau kita menjadi kesaksian, khususnya bagi para pemimpin dan juga mentor. Jika ternyata Anda mendapati topik yang seperti bagus untuk dibagikan tetapi dalam praktik sehari-hari Anda masih sulit untuk menghidupinya, mungkin Anda perlu berdoa untuk itu. 

Karena saat Anda mengalami sesuatu yang sesuai dengan firman yang Anda bagikan, maka Anda akan jauh lebih siap dan bersemangat untuk membagikannya.

 

Baca Juga:

Biar Jadi Youth Leader yang Keren, Kamu Perlu Miliki 5 Hal Ini

Biar Hubunganmu dengan Pemimpin Rohani Baik, Yuk Belajar dari Paulus dan Timotius!

Kenapa Pemuridan Penting Buat Gereja? Alasan Ini yang Paling Dibutuhkan Gereja Zaman Ini

 

3. Minta pendapat dari pemimpin yang lain, berdiskusi dengan mereka bila perlu. Tanyakan apa yang sebenarnya paling esensi untuk dibagikan kepada jemaat. Hal ini sangat membantu Anda untuk berpikir lebih mendalam. 

Jika Anda memang benar-benar rindu untuk membangikan sesuatu yang berdampak bagi jemaat, mintalah pemimpin yang lain untuk mendoakan Anda.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami