4 Cara Menumbuhkan Kasih Karunia dalam Pernikahan Kristen
Sumber: Getty Images | Jelena Danilovic

Marriage / 16 October 2024

Kalangan Sendiri

4 Cara Menumbuhkan Kasih Karunia dalam Pernikahan Kristen

Claudia Jessica Official Writer
448

3. Mengembangkan Pemahaman Melalui Komunikasi yang Baik

Kasih karunia dalam pernikahan juga diwujudkan melalui komunikasi yang penuh pengertian. Banyak konflik dalam pernikahan muncul karena salah paham atau kurangnya komunikasi.

Yakobus 1:19 memberikan panduan yang sangat baik, "setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berbicara, dan lambat untuk marah."

Untuk menumbuhkan kasih karunia dalam pernikahan, penting bagi kita untuk belajar mendengarkan pasangan dengan hati terbuka. Dengarkan untuk memahami, bukan hanya untuk merespons.

Perhatikan kata-kata Anda, karena kata-kata yang laalai bisa melukai hati pasangan. Ketika kita berbicara dengan kasih dan pengertian, kita memperkuat ikatan dalam pernikahan.

Selain itu, lambat untuk marah membantu kita merespons situasi dengan kepala dingin dan kasih karunia, bahkan ketika kita merasa terluka atau kesal.

4. Melayani Pasangan dengan Kasih

Salah satu wujud kasih karunia dalam pernikahan adalah melalui pelayanan. Yesus memberikan teladan pelayanan yang luar biasa ketika Dia membasuh kaki murid-murid-Nya (Yohanes 13:1-17).

Dalam pernikahan, kita dipanggil untuk saling melayani dalam cinta, menempatkan kebutuhan pasangan di atas kebutuhan kita sendiri.

Pelayanan dalam pernikahan bisa diwujudkan melalui hal-hal sederhana: membuatkan makanan favorit pasangan, membantu pekerjaan rumah, atau bahkan hanya menjadi pendengar yang baik setelah hari yang melelahkan.

Filipi 2:3-4 mengajarkan kita untuk “dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.”

Ketika kedua pasangan berkomitmen untuk saling melayani, kasih karunia dalam pernikahan akan semakin melimpah.

Menumbuhkan Kasih Karunia dalam Pernikahan adalah Perjalanan Seumur Hidup

Kasih karunia dalam pernikahan bukanlah sesuatu yang datang dengan mudah atau otomatis. Ini adalah proses yang membutuhkan kesabaran, pengampunan, komunikasi yang baik, dan pelayanan tanpa pamrih.

Namun, ketika kita memilih untuk bergantung kepada Tuhan dan mengikuti teladan-Nya, kita akan menemukan bahwa kasih karunia ini memberikan kekuatan dan kelimpahan bagi pernikahan kita.

Dengan mengandalkan kasih karunia Tuhan, pernikahan kita tidak hanya akan bertahan, tetapi juga berkembang menjadi cerminan kasih Kristus yang penuh kasih sayang dan pengampunan.

 

 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami