Mungkinkah Orang Kristen yang Bercerai, Kembali Rujuk dan Menikah Kembali?
Sumber: canva.com/Mungkhoodstudio

Marriage / 3 October 2024

Kalangan Sendiri

Mungkinkah Orang Kristen yang Bercerai, Kembali Rujuk dan Menikah Kembali?

Claudia Jessica Official Writer
409

Mungkinkah orang Kristen yang bercerai, untuk kembali rujuk dan menikah kembali?

Pernikahan adalah ikatan yang suci dalam kekristenan. Alkitab mengajarkan bahwa pernikahan adalah perjanjian suci antara seorang pria dan seorang wanita yang dipersatukan oleh Tuhan.

Namun, realita kehidupan seringkali menghantam pasangan menikah yang kemudian berakhir dengan perceraian.

Pertanyaannya adalah, bagaimana seharusnya seorang Kristen memandang pernikahan kembali setelah perceraian?

Apakah kita diperbolehkan untuk menikah lagi dalam pandangan Alkitab?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus melihat apa yang Alkitab ajarkan tentang pernikahan, perceraian, dan pernikahan kembali.

Pandangan Alkitab tentang Pernikahan dan Perceraian

Alkitab jelas menggambarkan pernikahan sebagai sebuah perjanjian kudus yang dirancang oleh Tuhan. Dalam Kejadian 2:24, dinyatakan, "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging."

 

BACA JUGA: Bolehkah Orang Kristen Bercerai dan Tinggal Serumah?

 

Pernikahan adalah penyatuan dua individu yang menjadi satu di hadapan Allah, sebuah ikatan yang kudus dan tidak boleh dipisahkan oleh manusia.

Yesus sendiri menegaskan kekudusan pernikahan dalam Matius 19:6, "Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." Di sini, Yesus menegaskan bahwa perceraian bukanlah kehendak Allah.

Namun, Dia juga mengakui bahwa karena kekerasan hati manusia, Musa memperbolehkan perceraian dalam kasus perzinahan (Matius 19:9).

Jadi, meskipun perceraian diperbolehkan dalam kondisi tertentu, tetapi perceraian bukanlah rencana awal Allah untuk pernikahan.

Apakah Pasangan yang Sudah Bercerai, Boleh Rujuk dan Menikah Kembali?

Pertanyaan yang sering muncul adalah, setelah perceraian, apakah seorang Kristen boleh rujuk dan menikah kembali dengan mantan suami/istrinya?

Tentu jawabannya boleh, dan sebaiknya begitu. Tuhan menginginkan pernikahan yang sudah bercerai untuk rujuk kembali karena pernikahan adalah perjanjian yang kudus di hadapan-Nya, yang tidak boleh dipisahkan.

Tuhan menghendaki pemulihan, pengampunan, dan rekonsiliasi, karena ini mencerminkan kasih-Nya yang setia dan tak terputus kepada umat-Nya.

Dengan rujuk, pasangan dapat memperlihatkan teladan kasih, kesetiaan, dan pengampunan yang sejati, yang juga menjadi cerminan hubungan Kristus dengan jemaat-Nya serta memberikan fondasi yang baik bagi anak-anak mereka.

 

BACA JUGA: Perhatian! Ini Dia Salah Satu Penyebab Perselingkuhan yang Tidak Anda Sadari

 

Pemulihan dan Kasih Karunia

Sebagai orang Kristen, kita perlu memahami kasih karunia Allah dalam konteks pernikahan dan perceraian. Allah adalah sumber pemulihan, dan Dia sanggup menyembuhkan hati yang terluka akibat pernikahan yang gagal.

Meskipun perceraian merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, Allah senantiasa memanggil umat-Nya untuk hidup dalam kasih, pengampunan, dan pemulihan.

Kita tidak boleh mengandalkan kebijaksanaan kita sendiri, kita harus mencari bimbingan Allah dalam doa, bimbingan dari pemimpin rohani, dan merenungi Firman-Nya.

Menjalani Pernikahan dengan Komitmen

Jika Anda tengah berpikir untuk rujuk dan menikah kembali dengan mantan suami/istri Anda, ketahuilah bahwa pernikahan adalah komitmen yang kudus, bukan suatu hal yang bisa dipermainkan oleh manusia.

Pernikahan harus dipandang dengan kesadaran bahwa Tuhan memanggil setiap pasangan untuk hidup dalam kasih, kesetiaan, dan pengampunan. Pernikahan adalah kesempatan untuk membangun kehidupan yang didasarkan pada prinsip-prinsip Alkitabiah dan kesetiaan kepada Kristus.

Sebagai orang percaya, kita dipanggil untuk menjalani hidup yang mencerminkan kasih Kristus, termasuk dalam hubungan pernikahan kita.

Jika pernikahan pertama gagal, Tuhan tetap mampu memulihkan kita dan memberi kita jalan untuk hidup dalam kasih dan anugerah-Nya.

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menikah kembali atau sedang bergumul dengan keputusan besar ini? Mari kita terus mencari kehendak Tuhan dengan rendah hati dan terbuka kepada bimbingan-Nya.

Jika Anda membutuhkan konseling dan dukungan doa, hubungi kami di 0822-1500-2424. Layanan Doa dan Konseling CBN siap melayani Anda, klik di sini untuk hubungi kami secara langsung dari WhatsApp.

Salah satu narasumber Solusi mengalami hal serupa dimana mereka rujuk untuk menikah kembali setelah sempat bercerai karena suatu alasan. Kesaksian ini secara spesial diangkat menjadi sebuah Short Movie berjudul Persimpangan Cinta yang tayang di YouTube Channel Solusi TV.

Anda bisa menyaksikan kesaksian Ana Suriana rujuk kembali dengan sang suami dalam Short Movie berjudul Persimpangan Cinta lewat video di bawah ini:

 

BACA JUGA: Sinopsis Persimpangan Cinta, Short Movie Solusi TV yang Diangkat dari Kisah Nyata

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami