Mengapa Tahun-Tahun Pertama Pernikahan Sangat Rawan? Begini Alasanya...
Sumber: Jawaban.com

Marriage / 12 September 2024

Kalangan Sendiri

Mengapa Tahun-Tahun Pertama Pernikahan Sangat Rawan? Begini Alasanya...

Aprita L Ekanaru Official Writer
240

Tahun-tahun pertama dalam pernikahan sering kali digambarkan sebagai fase penuh kebahagiaan. Namun, siapa sangka bahwa justru pada masa inilah, banyak pasangan yang menghadapi tantangan terbesar dalam hidup mereka?

Menurut Pdp. Elianto Widjaja, periode 5 hingga 10 tahun pertama pernikahan adalah masa yang sangat rawan. Kenapa demikian? Bagaimana cara pasangan bisa bertahan menghadapi tantangan-tantangan tersebut?

 

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Sentuhan Fisik Diperlukan dalam Pernikahan

 

Dalam lima hingga sepuluh tahun pertama pernikahan, semuanya terasa baru bagi pasangan. Mulai dari meniti karir baru, belajar menjadi lebih mandiri, hingga beradaptasi dengan peran baru sebagai orang tua. Perubahan yang begitu cepat dan banyak dalam waktu yang singkat ini sering kali membuat pasangan merasa kewalahan.

"Bayangkan, sebelumnya mereka mungkin masih bergantung pada orang tua, kini mereka harus belajar berdiri di atas kaki sendiri, sambil juga harus mengurus rumah tangga dan membesarkan anak. Semua proses ini menuntut energi, kesabaran, dan tentunya pengorbanan." Ujar Pdp. Elianto.

Lebih jauh lagi, Pdp. Elianto menekankan pentingnya perubahan pola pikir atau mindset dalam menjalani pernikahan. Sebelum menikah, mungkin seseorang terbiasa berpikir dalam kerangka "saya", namun setelah menikah, perlu ada pergeseran menjadi "kami".

Pernikahan bukan lagi soal mencari kebahagiaan pribadi, melainkan tentang bagaimana kita bisa menyenangkan pasangan. Jika seseorang terus-menerus hanya berpikir, "Bagaimana pasangan bisa menyenangkan saya?", maka pernikahan akan menjadi medan pertempuran yang penuh kekecewaan.

 

BACA JUGA: 3 Cara Meningkatkan Apresiasi dan Rasa Syukur kepada Pasangan

 

Namun, ada hal menarik dalam hubungan suami istri:

Semakin banyak kita memberi cinta, semakin banyak pula cinta yang akan kita terima. Cinta tidak pernah hilang, justru akan kembali dengan cara yang tidak terduga. Inilah keajaiban pernikahan, dimana pengorbanan dan cinta yang tulus menjadi fondasi untuk kehidupan rumah tangga yang bahagia dan harmonis.

Dengan memahami hal ini, pasangan akan mampu melewati masa-masa rawan dalam pernikahan dan membangun kehidupan yang penuh cinta serta saling pengertian.

Jika Anda dan pasangan Anda sedang menghadapi tantangan dalam hubungan atau memiliki pertanyaan seputar pernikahan, kami mengundang Anda untuk menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DI SINI. Kami siap dengan senang hati memberikan bantuan dan dukungan untuk Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami