Gara-Gara Erina Gudono, Ratusan Orang Indonesia Kirim Email ke University of Pennsylvania
Sumber: Hannah Beier/Bloomberg (Getty Images)

News / 23 August 2024

Kalangan Sendiri

Gara-Gara Erina Gudono, Ratusan Orang Indonesia Kirim Email ke University of Pennsylvania

Aprita L Ekanaru Official Writer
1179

Di tengah hiruk pikuk politik yang memanas di Indonesia, kehadiran sosok Erina Gudono, menantu Presiden Jokowi, mencuri perhatian publik. Bukan karena aksi atau pernyataan politik, melainkan karena pameran gaya hidup mewahnya yang jauh berbeda dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Mulai dari makan roti seharga Rp400 ribu hingga membeli stroller seharga Rp30 juta saat berada di Los Angeles, Erina tampaknya tidak menyadari bagaimana aksinya ini diterima oleh publik yang mengikuti setiap langkahnya.

 

BACA JUGA: Ini Isi Putusan MK Yang Picu Gerakan #KawalPutusanMK dan #PeringatanDarurat

 

Keberangkatan Erina ke University of Pennsylvania sebagai penerima beasiswa menambah kekecewaan publik. Beasiswa yang seharusnya menjadi simbol pencapaian akademik dan kemajuan bagi penerima dan komunitasnya, malah menjadi bahan perdebatan karena pemberitaan gaya hidupnya yang kontroversial. Trend di platform X, memperlihatkan masyarakat Indonesia, yang tidak segan mengungkapkan kekecewaannya, telah mengirim ratusan email kepada pihak universitas, khususnya kepada dosen dan staf di School of Social Policy and Practice (SP2), mempertanyakan kelayakan Erina sebagai representasi dari Indonesia.

Dalam perspektif kekristenan, setiap individu dipanggil untuk hidup dalam kerendahan hati dan menjadi pelayan bagi sesama, terlebih lagi bagi mereka yang berada dalam posisi kekuasaan atau memiliki akses terhadap sumber daya luas. Yesus Kristus sendiri mengajarkan pentingnya kesederhanaan dan perhatian kepada sesama, terutama di tengah kesulitan. Kisah Erina Gudono mengajarkan pentingnya empati dan kesadaran sosial, terutama ketika mata publik selalu mengawasi.

Sebagai sebuah bangsa yang besar, Indonesia terus berjuang menghadapi tantangan sosial dan politik dengan harapan bahwa setiap individu, tak terkecuali mereka yang berada di puncak piramida sosial, dapat menjadi teladan dalam setiap perilaku dan keputusan yang diambil.

Begini salah satu isi format surat yang tersebar di Platform X:

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami