Hati-hati Calo CPNS, Jangan Percaya! Menpan Bantah Adanya
Sumber: menpan.go.id

Finance / 23 August 2024

Kalangan Sendiri

Hati-hati Calo CPNS, Jangan Percaya! Menpan Bantah Adanya "Jalur Jadi"

Claudia Jessica Official Writer
284

Menpan Bongkar Praktik Calo CPNS: Jangan Tergiur Janji Manis

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menegaskan kepada calon peserta seleksi CPNS 2024 untuk mewaspadai calo yang menjanjikan kelulusan instan atau "jalur jadi".

Dalam peresmian Mal Pelayanan Publik di Trenggalek, Jawa Timur, Menpan memperingatkan bahwa bahkan anak presiden pun tidak mendapat perlakuan khusus dalam seleksi CPNS.

"Hari ini mulai pendaftaran. Masyarakat jangan tergiur dengan orang yang merasa bisa menjanjikan masuk. Karena anaknya presiden saja tidak lolos," ucap Azwar Anas seperti yang dikutip dari antaranews.com.

 

 

BACA JUGA: Lowongan CPNS untuk di IKN Dibuka untuk 600 Formasi, Dapat Fasilitas Apa Saja?

 

Tidak Ada Jalur Khusus dalam Seleksi CPNS 2024

Menpan Azwar Anas menjamin proses seleksi CPNS 2024 berlangsung tanpa ada "jalur khusus". Pengawasan akan diperketat dan sistem seleksi terus disempurnakan untuk menghindari praktik transaksi dan lobi yang tidak adil.

"Semuanya menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Tidak ada lagi istilah orang dalam, tidak ada lagi istilah PDAM, Ponakan dan Anak Menantu. Semua seleksi terbuka dan memiliki kesempatan sama," ungkap Menpan.

Teknologi Canggih untuk Mencegah Kecurangan dalam Seleksi CPNS

Menpan juga menyoroti penggunaan teknologi double face recognition untuk mengantisipasi kecurangan, seperti praktek joki, yang sempat terjadi pada seleksi tahun sebelumnya.

Teknologi ini akan memverifikasi identitas peserta saat pendaftaran dan pelaksanaan tes, mengeliminasi kemungkinan adanya peserta yang tidak sesuai.

 

 

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024 Beserta Syarat dan Cara Daftarnya

 

Fakta Seleksi CPNS: 600 Ribu Formasi, Hanya 250 Ribu Dioptimalkan

Dalam seleksi tahun ini, terdapat 600 ribu formasi CPNS yang tersedia, namun hanya 250 ribu yang akan dioptimalkan. Sejumlah formasi dikurangi karena dianggap tidak relevan dengan kemajuan teknologi yang dapat menggantikan peran tertentu.

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk formasi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dijadwalkan akan dilakukan dalam waktu dekat, mengikuti ketentuan keuangan daerah masing-masing.

 

Sumber : antaranews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami