Fakta Mengapa Orang Israel Ziarah ke Yerusalem
Sumber: Jawaban

Fakta Alkitab / 30 April 2024

Kalangan Sendiri

Fakta Mengapa Orang Israel Ziarah ke Yerusalem

Puji Astuti Official Writer
1459

Bagi orang Kristen, pergi berziarah ke Tanah Suci bukanlah kewajiban, sekalipun Alkitab mencatat tentang perintah untuk orang Israel melakukan ziarah. Mengapa demikian?  

Untuk memahami hal ini, mari kita telusuri bersama Fakta Alkitab tentang hal ini. 

Perintah Melakukan Ziarah ke Yerusalem itu dicatat dalam Keluaran 32:23-24, “Tiga kali setahun segala orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN, Allah Israel, sebab Aku akan menghalau bangsa-bangsa dari depanmu dan meluaskan daerahmu; dan tiada seorangpun yang akan mengingini negerimu, apabila engkau pergi untuk menghadap ke hadirat TUHAN, Allahmu, tiga kali setahun. 

Dari ayat di atas kita bisa belajar bahwa perintah melakukan ziarah secara spesifik adalah: 

  • Dilakukan 3 kali dalam setahun. 
  • Dilakukan oleh laki-laki bangsa Israel.  
  • Tujuan ziarah adalah menghadap ke hadirat Tuhan dengan membawa korban. 

Ziarah 3 kali setahun itu kapan saja?  

Dalam Ulangan 16:16-17 dijelaskan, “Tiga kali setahun setiap orang laki-laki di antaramu harus menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, ke tempat yang akan dipilih-Nya, yakni pada hari raya Roti Tidak Beragi, pada hari raya Tujuh Minggu dan pada hari raya Pondok Daun. Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa, tetapi masing-masing dengan sekedar persembahan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu." 

Untuk itu orang Israel melakukan ziarah pada saat 3 perayaan khusus ini:  

1. Hari raya Roti Tidak Beragi (Paskah) 

Merayakan penyertaan Tuhan saat orang Israel keluar  dari Mesir. Masa perayaan ini juga menjadi awal musim tanam baru setelah hujan musim dingin di Israel, karena jatuh pada awal musim semi. 

2. Shavuot atau hari raya Tujuh Minggu 

Secara alkitabiah, ini hanyalah perayaan pertanian. Jatuh tepat tujuh minggu setelah Paskah, yang berarti terjadi pada saat panen akhir musim semi. 

3. Sukkot atau hari raya Pondok Daun. 

Merayakan pengembaraan bangsa Israel di padang gurun selama 40 tahun, ketika mereka hanya bergantung pada Tuhan untuk makanan dan perlindungan. Ini juga merayakan festival panen terakhir sebelum dimulainya musim dingin di tanah Israel. Hari ini jatuh lima hari setelah Yom Kippur, biasanya pada pertengahan musim gugur. 

Apakah Tuhan Menunjuk Tempat Khusus untuk Berziarah? Baca Selanjutnya

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami