Menjadi Extraordinary, Menggenapi Potensi dalam Citra Tuhan
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 6 August 2024

Kalangan Sendiri

Menjadi Extraordinary, Menggenapi Potensi dalam Citra Tuhan

Puji Astuti Official Writer
608

Sama seperti sebuah sidik jari, setiap orang diciptakan Tuhan  dengan keunikan dan potensi yang berbeda sesuai dengan kekuatan masing-masing. Ya, setiap orang adalah extraordinary di mata Tuhan.  

Alkitab menyatakan bahwa manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Tuhan (Kejadian 1:26-27), yang berarti gambaran Allah yang ada di dalam kita membuat kita berharga dan bernilai. Bukan karena apa yang kita lakukan, tapi karena kita adalah maha karya Tuhan.  

Namun, banyak orang yang menjalani hidup dan kemudian mati tanpa pernah benar-benar mengembangkan atau menggunakan potensi tersebut hingga maksimal untuk tujuan yang sudah Tuhan tetapkan bagi mereka.   

Cara Membuka Kunci Potensi Diri

Menurut penelitian dari Gallup, hanya sekitar 34% orang yang merasa mereka mampu mengembangkan kekuatan terbesar mereka setiap hari. Hal ini mengundang pertanyaan, bagaimana cara kita sebagai orang Kristen dapat hidup sesuai dengan potensi yang Tuhan berikan dan menggenapi tujuan-Nya dalam hidup kita? 

Pengenalan Diri dalam Kristus 

Langkah pertama untuk hidup sesuai dengan potensi kita adalah mengenal siapa kita dalam Kristus. Efesus 2:10 mengatakan, "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya." Menyadari identitas kita sebagai ciptaan Tuhan yang berharga dan bermakna adalah fondasi penting dalam memahami potensi kita. 

Kita diciptakan menurut gambar Allah dan dikasihi tanpa syarat oleh Tuhan, hal ini  membantu menghilangkan rasa tidak aman dan ketakutan yang sering menghalangi kita untuk mengembangkan potensi kita. Dengan keyakinan ini, kita dapat mengambil risiko dan menghadapi tantangan dengan keberanian. 

Mengembangkan Talenta yang Diberikan Tuhan 

Dalam perumpamaan tentang talenta (Matius 25:14-30), Yesus mengajarkan pentingnya mengembangkan dan menggunakan talenta yang Tuhan berikan kepada kita. Setiap orang diberikan talenta yang berbeda-beda, dan kita dipanggil untuk mengelolanya dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Ketika kita mengetahui talenta kita dan membagikannya, maka kita sedang melipatgandakan potensi tersebut.  

BACA JUGA: 

Rencana Istimewa Tuhan Atas Setiap Orang

Ini Investasi Besar Tuhan Atas Hidup Anda

Menjalani Hidup dalam Pimpinan Roh Kudus 

Roma 8:14 menyatakan, "Semua orang yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah." Hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus memungkinkan kita untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Roh Kudus memberi kita kekuatan, hikmat, dan petunjuk untuk menjalani hidup yang penuh makna dan tujuan. Dengan menyerahkan hidup kita kepada tuntunan Roh Kudus, kita dapat mengatasi keterbatasan kita dan mencapai hal-hal yang luar biasa. 

Melayani dengan Kasih 

Salah satu cara utama untuk menggenapi tujuan Tuhan dalam hidup kita adalah melalui pelayanan kasih. 1 Korintus 13:1-3 mengingatkan kita bahwa tanpa kasih, semua yang kita lakukan tidak akan berarti.  

Melayani orang lain dengan kasih adalah wujud nyata dari iman kita dan merupakan cara untuk menggunakan potensi kita demi kemuliaan Tuhan. Ketika kita melayani dengan kasih, kita membantu orang lain menemukan potensi mereka juga. 

Tetap Bertumbuh dalam Iman 

2 Petrus 3:18 mendorong kita untuk "bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus." Pertumbuhan rohani adalah proses seumur hidup yang membantu kita semakin memahami dan menggenapi potensi kita dalam Tuhan. Dengan terus belajar, berdoa, dan bersekutu dengan sesama orang percaya, kita dapat semakin mendekatkan diri kepada tujuan Tuhan dalam hidup kita. 

Setiap orang diciptakan dengan potensi yang luar biasa, namun tidak semua orang mengembangkan potensi tersebut hingga maksimal. Pilihan itu ada di tangan kita, apakah hidup kita menjalani hidup yang biasa-biasa saja atau extraordinary dengan memaksimalkan potensi kita.  

Mari kita berkomitmen untuk menjadi extraordinary dalam segala hal yang kita lakukan, sehingga nama Tuhan dipermuliakan melalui hidup kita. 

Apakah Anda merasa belum sepenuhnya mengembangkan potensi yang Tuhan berikan dalam hidup Anda? Ingin memahami lebih dalam tentang identitas Anda dalam Kristus dan bagaimana menggunakannya untuk menggenapi tujuan ilahi Anda? Layanan Doa dan Konseling CBN siap membantu Anda!

Hubungi kami di Konseling Center untuk mendapatkan bimbingan rohani yang dapat membantu Anda:

  • Mengatasi rasa tidak aman dan ketakutan yang menghalangi pertumbuhan Anda.
  • Menemukan arah dan tujuan hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan.
  • Mendapatkan kekuatan dan dukungan dari Roh Kudus dalam perjalanan hidup Anda.

Jangan tunda lagi! Hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI, dan mulailah perjalanan Anda menuju hidup yang luar biasa dalam Kristus.

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami