Viral Perjamuan Terakhir di Opening Olimpiade Paris 2024, Ini Fakta & Makna Peristiwa Ini
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 29 July 2024

Kalangan Sendiri

Viral Perjamuan Terakhir di Opening Olimpiade Paris 2024, Ini Fakta & Makna Peristiwa Ini

Puji Astuti Official Writer
1619

Munculnya parodi Perjamuan Terakhir di acara Opening Olimpiade Paris 2024 menimbulkan kritikan keras, terutama dari kelompok Kristen dan Katolik. Pasalnya parodi ini dianggap ejekan atau mengolok-olok karena menggambarkan peristiwa Perjamuan Terakhir yang dilukis oleh Leonardo da Vinci, namun para pemerannya adalah para  waria.  

Walau pihak penyelenggara sudah meminta maaf dan menyatakan bahwa hal itu bukan niat mereka, namun hal itu tidak bisa menghilangkan kekecewaan banyak orang. Pasalnya, peristiwa Perjamuan Terakhir adalah peristiwa penting dan sakral bagi umat Kristen dan Katolik.  

Apa saja Fakta Alkitab tentang Perjamuan Terakhir Yesus Kristus bersama para murid-murid-Nya?  

Lokasi Perjamuan Terakhir 

Tempat Yesus merayakan Perjamuan Terakhir tidak dituliskan secara spesifik, namun dalam Matius 26:18 dan Markus 14:13-15 dinyatakan bahwa Yesus mengutus murid-murid-Nya ke Kota dan mencari seseorang untuk mendapatkan tempat untuk merayakan Paskah.  

Menurut tradisi, lokasi tempat ini berada di bagian barat Kota Tua Yerusalem. Di sana saat ini ada sebuah tempat bernama “Cenacle” atau “Ruang Atas” yang dianggap sebagai situs tempat terjadinya Perjamuan Terakhir tersebut. Lokasi tepatnya adalah di Gunung Zion, Yerusalem.  

Mengapa Yesus Mengadakan Perjamuan Terakhir? 

Perjamuan yang diadakan oleh Yesus dan murid-murid-Nya pada malam tersebut adalah untuk merayakan Paskah Yahudi. Paskah Yahudi (Pesach) memperingati peristiwa keluaran bangsa Israel dari Mesir, yang ditandai dengan makan malam khusus yang disebut "Seder Paskah."  

Pada malam itu, umat Yahudi mengadakan perjamuan roti tidak beragi (matzot) dan meminum cawan anggur, mengingatkan mereka pada malam ketika Allah membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir. 

BACA JUGA: Ternyata Inilah Menu Makanan Perjamuan Terakhir Yesus

Peristiwa Penting Saat Perjamuan Terakhir Yesus dan Murid-murid-Nya.  

Dalam peristiwa Perjamuan Terakhir ada 3 hal penting yang terjadi, yaitu: 

Yesus Menyatakan Ada Pengkhianat di Tengah-tengah Mereka.  

Pada malam perjamuan itu Yesus berkata, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.” (Matius 26:21). Bahkan saat itu Yudas sempat menyangkal dan berkata, “Bukan aku, ya Rabi?” Kata Yesus kepadanya: “Engkau telah mengatakannya.” (Matius 26:25). 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami