Apa Kata Alkitab Tentang Roh Jahat dan Setan?
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 27 July 2024

Kalangan Sendiri

Apa Kata Alkitab Tentang Roh Jahat dan Setan?

Puji Astuti Official Writer
1044

Di Indonesia film horor menjadi salah satu genre yang disukai banyak orang. Roh jahat dan setan sering digambarkan dengan cara yang sangat bervariasi. Ada yang menampilkan roh jahat dan setan sebagai sosok yang sangat menakutkan, dengan tujuan untuk menakut-nakuti penonton.  

Namun, ada juga yang menggambarkan mereka sebagai makhluk yang imut atau bahkan dapat menolong manusia, seolah-olah mereka tidak berbahaya. Di media sosial, beragam konten dibuat untuk menunjukkan roh jahat dalam berbagai bentuk, seperti khodam atau jin, yang diklaim dapat melindungi manusia. 

Tujuan Utama Roh Jahat dan Setan 

Pandangan-pandangan ini bisa membingungkan dan menyesatkan. Sebab Alkitab memberikan pandangan yang jelas tentang roh jahat. Menurut Alkitab, roh jahat memiliki misi yang jelas, seperti yang ditulis dalam Yohanes 10:10 menegaskan hal ini: "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." 

Mereka melakukan ini dengan menggunakan berbagai tipu daya dan kebohongan untuk menyesatkan dan menghancurkan umat manusia.  Dalam Yohanes 8:44, Yesus mengatakan: 

"Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta." 

BACA JUGA: 

7 Fakta Alkitab Tentang Kesurupan Roh Jahat

Aku Dibebaskan Dari Kuasa Kegelapan- Jenny Kusuma

Asal Mula Roh Jahat Menurut Alkitab 

Asal mula roh jahat dapat ditelusuri dari pemberontakan Lucifer, seorang malaikat yang jatuh dari surga karena kesombongannya. Yesaya 14:12-15 menggambarkan kejatuhan Lucifer: 

"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putra Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Engkau yang berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah dan hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi! Sebaliknya, ke dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur." 

Roh jahat yang lain juga adalah malaikat yang ikut memberontak bersama Lucifer dan diusir dari surga, seperti disebutkan dalam Wahyu 12:7-9: "Maka timbullah peperangan di sorga: Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya." 

Roh Jahat Tunduk pada Kuasa Tuhan 

Roh jahat tidak memiliki kuasa yang lebih besar daripada Tuhan. Mereka tunduk pada otoritas Tuhan, seperti yang digambarkan dalam berbagai peristiwa di Alkitab. Misalnya, dalam Markus 1:23-27, roh jahat tunduk pada Yesus. 

Yesus dan Murid-Murid Mengusir Roh Jahat 

Yesus juga memberi kuasa kepada murid-murid-Nya untuk mengusir roh jahat sebagai bukti bahwa Kerajaan Allah telah datang. Dalam Matius 10:1, dikatakan: 

"Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan." 

Peristiwa ini juga dicatat dalam Lukas 10:17: 

"Ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: 'Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu.'" 

Kuasa Tuhan di dalam Hidup Orang Percaya untuk Mengusir Roh Jahat 

Orang percaya juga diberikan kuasa melalui Roh Kudus untuk melawan roh jahat. 1 Yohanes 4:4 menyatakan: 

"Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia." 

Kuasa ini ada dalam orang percaya karena Roh Kudus, yang adalah Allah sendiri, tinggal di dalam hidup kita. Ketika kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, Roh Kudus datang dan tinggal di dalam kita.  

Jadi sumber kuasa untuk mengusir roh jahat, karena Roh Kudus yang ada di dalam kita adalah Allah yang maha kuasa. Markus 16:17 menegaskan bahwa orang-orang yang percaya akan melakukan tanda-tanda ini: 

"Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku; mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka;" 

Perlindungan Tuhan atas Orang Percaya dari Roh Jahat 

Perlindungan Tuhan atas orang percaya dari roh jahat sangat jelas dinyatakan dalam Alkitab, jadi kita tidak perlu takut dengan kuasa roh jahat dan setan. Efesus 6:11-12 mengingatkan orang percaya untuk mengenakan perlengkapan senjata Allah: 

"Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara." 

Yakobus 4:7 juga memberi nasihat penting: 

"Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu." 

Jadi perlindungan Allah itu kita alami ketika kita hidup di bawah otoritas Allah, berjalan dalam ketaatan kepada-Nya.   

Gangguan roh jahat atau intimidasi dari kuasa kegelapan bisa saja terjadi. Namun, Alkitab memberikan jaminan yang kuat bahwa melalui kuasa Tuhan dan Roh Kudus yang ada di dalam hidup kita, kita telah diperlengkapi  untuk melawan dan mengalahkan segala bentuk gangguan roh jahat.  

Tuhan tidak hanya menyediakan perlindungan, tetapi juga memberikan kuasa dan otoritas kepada orang percaya untuk berdiri teguh dalam iman dan menang atas setiap ancaman spiritual. 

Jika Anda merasa berada di bawah tekanan atau gangguan roh jahat dan memerlukan dukungan doa, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami percaya kuasa Tuhan akan membebaskan dan memulihkan kehidupan Anda. Tuhan memberkati.  

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami