Pengaruh dan Peran Inner Child dalam Pernikahan Menurut Pandangan Psikater
Sumber: dok. Pribadi | CBN Indonesia

Marriage / 22 July 2024

Kalangan Sendiri

Pengaruh dan Peran Inner Child dalam Pernikahan Menurut Pandangan Psikater

Claudia Jessica Official Writer
841

Ketika menikah, ada masa penyesuaian dengan pasangan. Hal ini mencakup penerimaan pasangan tidak hanya di masa sekarang tetapi juga masa lalunya yang mempengaruhi sikap, pikiran, dan perilakunya.

“Saat seseorang menikah, mereka tidak hanya menerima pasangan mereka di masa sekarang, tetapi juga membawa serta masa lalu pasangan mereka yang memengaruhi sikap dan perilaku mereka saat ini,” ungkap dr. Lahargo.

Hubungan yang sehat ditandai dengan usaha dari masing-masing pasangan untuk memahami sikap dan penyebab reaksi pasangan.

“Misalnya, jika pasangan Anda mudah marah, penting untuk mencari tahu penyebabnya. Apakah ada pengalaman traumatis di masa lalu yang mungkin mempengaruhi perilaku tersebut?” jelas dr. Lahargo.

Memiliki pemahaman yang benar tentang inner child, membantu kita dan pasangan untuk bisa saling membantu dan menudukung.

“Jika kita memahami bahwa kemarahan pasangan mungkin berasal dari pengalaman pengabaian atau kekerasan di masa lalu, kita bisa lebih menerima dan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk penyembuhan,” jelas dr. Lahargo.

Inner child memainkan peran penting dalam pernikahan, baik dalam dampak positif maupun negatifnya. Dengan memahami inner child, pasangan dapat lebih mudah menavigasi konflik, mendukung satu sama lain, dan membangun hubungan yang lebih sehat dan harmonis.

 

Sumber : dr. Lahargo SpKJ
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami