Diberkatilah Orang Yang Mengandalkan Tuhan, Alamilah Dalam Hidup Anda!
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 12 July 2024

Kalangan Sendiri

Diberkatilah Orang Yang Mengandalkan Tuhan, Alamilah Dalam Hidup Anda!

Puji Astuti Official Writer
1260

Janji berkat untuk mereka yang mengandalkan Tuhan salah satunya tertulis dalam Yeremia 17:7-8, “Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.” 

Namun dalam kehidupan ini, manusia cenderung mengandalkan kekuatannya sendiri. Bahkan saat kesulitan datang, manusia memiliki kecenderungan mencari pertolongan dari orang lain. Seringkali, berseru dan meminta tolong kepada Tuhan dilakukan ketika keadaan sudah mentok atau terpojok. Saat berada di titik terendah, seringkali pandangan kita baru terarah pada Tuhan.  

Apakah juga melakukan hal serupa? Jika ya, mari kita sama-sama berubah. Karena Tuhan ingin kita selalu mengandalkan Dia, di segala kesempatan. Baik saat kita dalam kondisi baik-baik saja, atau saat sedang menghadapi kesulitan dan tantangan, mari andalkan Tuhan.  

Arti Mengandalkan Tuhan 

Keyakinan, iman atau "faith" dalam bahasa Inggris,  diterjemahkan dari kata Yunani "pistis," mengandung makna yang mendalam, yaitu percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Kita bisa percaya kepada Tuhan karena Dia layak dipercaya, Dia bisa diandalkan dalam segala hal. 

Mazmur 62:9 berkata, "Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita." 

Mengandalkan Tuhan berarti kita mempercayakan sepenuhnya hidup, keputusan, dan segala situasi kita kepada Tuhan. Ini melibatkan keyakinan bahwa Tuhan memiliki kendali penuh, pengetahuan yang sempurna, dan kasih yang tak terbatas untuk memimpin dan menjaga kita.  

Berikut adalah 6 Makna Dari Mengandalkan Tuhan: 

1. Percaya kepada Tuhan dengan Segenap Hati 

Mengandalkan Tuhan berarti percaya kepada-Nya dengan sepenuh hati dan tidak bersandar pada pengertian kita sendiri. Amsal 3:5-6 menyatakan, "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu." 

2. Menyerahkan Beban dan Kekhawatiran kepada Tuhan 

Mengandalkan Tuhan juga berarti menyerahkan segala beban dan kekhawatiran kita kepada-Nya. Mazmur 55:23 mengatakan, "Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah." Filipi 4:6-7 juga menegaskan bahwa kita harus menyatakan segala keinginan kita kepada Tuhan dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur, sehingga damai sejahtera Allah akan memelihara hati dan pikiran kita. 

3. Mempercayai Rencana dan Waktu Tuhan 

Mengandalkan Tuhan berarti mempercayai bahwa rencana dan waktu Tuhan adalah yang terbaik, meskipun kita mungkin tidak selalu memahaminya. Yeremia 29:11 mengatakan, "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."  

Baca selanjutnya -->

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami